Jasper Philipsen Juara Etape 10 Tour de France, Pogacar Masih Di Puncak

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 10 Jul 2024, 15:36 WIB
Jasper Philipsen (kiri) melakukan selebrasi setelah menjuarai etape 10 Tour de France pada Selasa (9/7). (Foto: AFP)

Jasper Philipsen (kiri) melakukan selebrasi setelah menjuarai etape 10 Tour de France pada Selasa (9/7). (Foto: AFP)

Ligaolahraga.com -

Pembalap Belgia, Jasper Philipsen, meraih kemenangan dalam sebuah sprint di etape 10 Tour de France pada Selasa (9/7), dengan Tadej Pogacar mempertahankan jersey kuning sebagai pemimpin klasifikasi umum.

Philipsen, yang dipimpin dengan luar biasa oleh rekan setimnya di Alpecin-Deceuninck, juara dunia Mathieu van der Poel, dengan nyaman mengungguli Biniam Girmay dari Eritrea dan Pascal Ackermann dari Jerman, yang berada di urutan kedua dan ketiga.

Pogacar dari Slovenia finis dengan selamat di rombongan utama, karena ancaman angin kencang dan eskalator gagal terwujud dalam lintasan datar dari Orleans ke Saint-Amand-Montrond sepanjang 187,3 km tanpa tanjakan, dan menjadi ajang sprint massal.

Pembalap UEA-Team Emirates ini memimpin atas Remco Evenepoel dari Soudal-Quick Step dengan selisih waktu 33 detik, dengan juara bertahan Jonas Vingegaard dari Visma-Lease a Bike di urutan ketiga, tertinggal satu menit 15 detik dari sang juara bertahan dalam klasifikasi umum.

Philipsen adalah pembalap cepat yang dominan 12 bulan lalu, dengan meraih empat kemenangan dari 11 etape pertama di La Grande Boucle.

Namun hingga saat ini, Tour de France kali ini merupakan Tour de France yang paling membuat frustrasi bagi pembalap berusia 26 tahun ini.

Kecelakaan di etape tiga membuat banyak pembalap - termasuk Philipsen - kehilangan posisinya dan ia tersusul ke garis finis saat Mark Cavendish merebut kemenangan etape ke-35 yang menjadi rekornya dua hari kemudian di Saint-Vulbas.

Penurunan peringkat dari posisi kedua ke posisi 107 terjadi di etape enam setelah ia keluar dari jalur sprint - hampir bertabrakan dengan Wout van Aert - dan ia tidak mampu menandingi Girmay di etape delapan di Colombey-les-Deux-Eglises.

Namun, dengan bantuan Van der Poel, Philipsen akhirnya mengamankan kemenangan etape dan memperkecil jarak dengan Girmay dari 96 poin menjadi 74 poin dalam perebutan green jersey.

"Kami mengalami sedikit ketidakberuntungan. Saya sangat senang - ini sangat melegakan. Kami akhirnya bisa menunjukkan kekuatan kami, dengan kereta terdepan kami dan akhirnya melakukan apa yang kami inginkan," katanya.

"Mathieu adalah pembalap yang sangat kuat. Ketika dia bisa menunjukkan kekuatannya dan memainkan perannya, tidak banyak pembalap yang bisa menirunya. Memiliki juara dunia sebagai pembalap terdepan adalah hal yang fantastis."

Pada hari Rabu (10/7), etape ke-11 Tour de France, balapan akan melintasi medan bergulir di Massif Central dengan jarak tempuh 211 km dari Evaux-les-Bains ke Le Lioran.

Artikel Tag: Tour de France

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/jasper-philipsen-juara-etape-10-tour-de-france-pogacar-masih-di-puncak
137  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini