Ini Syarat dari FIBA untuk Timnas Indonesia jika Ingin berlaga di Piala Dunia

Penulis: Senja Hanan
Rabu 05 Agu 2020, 13:16 WIB
Ini Syarat dari FIBA untuk Timnas Indonesia jika Ingin berlaga di Piala Dunia

Tim Nasional Basket Indonesia. (Images: IBL)

Berita Basket Indonesia: Federasi Basket Internasional Asia (FIBA) akhirnya memberikan syarat untuk Tim Nasional Basket Indonesia jika ingin berlaga di Piala Dunia FIBA 2023. Timnas Indonesia harus berada minimal di peringkat delapan Piala Asia FIBA 2021 jika ingin berlaga di Piala Dunia FIBA 2023.

Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023 bersama Jepang dan Filipina. Tetapi Indonesia tidak serta merta lolos ke babak utama, seperti dua negara tersebut. Indonesia diberi target yang harus dipenuhi. Target tersebut adalah berada di delapan besar pada Piala Asia FIBA 2021 mendatang.

Piala Asia FIBA 2021 adalah kompetisi tim nasional putra untuk wilayah Asia dan Oceania yang berlangsung setiap empat tahun sekali. Untuk pertama kalinya, edisi tersebut menggunakan kualifikasi dengan sistem kandang dan tandang, yang sudah dimulai pada Februari lalu.

Indonesia sudah menjalani dua pertandingan di Jakarta. Hasilnya, dua-duanya kalah. Oleh karena itu, tim asuhan Rajko Toroman itu harus memenangkan empat gim tersisa bila ingin masuk ke babak utama Piala Asia 2021.

Bila Indonesia mampu setidaknya berada di urutan kedelapan pada Piala Asia 2021, maka kuota untuk Kualifikasi Wilayah Asia akan dikurangi satu. Tetapi bila Indonesia tidak mencapai target, maka jumlah kuota untuk kualifikasi tetap seperti biasa.

Piala Dunia FIBA 2023 merupakan edisi pertama yang dipentaskan di lebih dari satu negara. Fase grup akan berlangsung di Indonesia, Jepang, dan Filipina. Sementara fase akhir hingga final akan dimainkan di Manila, Filipina.

Untuk babak utama, sebanyak 32 negara dari seluruh dunia akan tampil. Sementara itu, kualifikasi Piala Dunia 2023 dimulai November 2021 hingga Februari 2023 dengan total peserta sebanyak 80 negara.

Artikel Tag: Piala Dunia FIBA 2023, Tim Nasional Indonesia, basket

1333  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini