Indonesia Patriots Akan Berangkat ke Lithuania Akhir Tahun Nanti

Penulis: Senja Hanan
Selasa 11 Jun 2024, 19:41 WIB
Indonesia Patriots Akan Berangkat ke Lithuania Akhir Tahun Nanti

Indonesia Patriots Akan Berangkat ke Lithuania Akhir Tahun Nanti

Ligaolahraga.com -

Berita Basket: Para pemain yang sudah lolos seleksi dalam program Indonesia Patriots akan diberangkatkan ke Lithuania pada akhir tahun nanti.

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Nirmala Dewi mengatakan, pemberangkatan sedikit tertunda dari yang awalnya seusai libur Idul Fitri menjadi sekitar Oktober atau November.

"Dan akhirnya kami harus memberangkatkan Indonesia Patriots itu pada akhir tahun nanti, antara Oktober atau November dan itu bersamaan dengan musim dingin di Lithuania," kata Nirmala di Jakarta.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, sejatinya tidak ada kendala besar dalam proses pemberangkatan tim guna menjalani pemusatan latihan (TC) sekitar dua bulan di negara Eropa tersebut. Namun, dirinya mengakui masalah jadwal kompetisi yang dikeluarkan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) yang membuat induk organisasi bola basket tersebut harus menyesuaikan waktu yang tepat untuk memberangkatkan para bibit muda Indonesia itu.

"Hanya satu-satunya persoalan itu adalah jadwal karena FIBA sendiri baru mengeluarkan jadwal kompetisi yang harus diikuti, tim putra junior maupun putri junior," ujar perempuan tersebut.

Selain jadwal FIBA, sejumlah kebutuhan untuk kepentingan membela negara juga membuat sejumlah pemain yang terpilih dalam program itu harus mengikuti ajang ASEAN Schools Games (ASG) 2024 di Da Nang, Vietnam. Sebanyak lima pemain, lanjut dia, bergabung dalam tim bola basket putra Indonesia dalam kejuaraan olahraga atlet pelajar se-Asia Tenggara tersebut.

Perbasi menjalin kerja sama dengan Federasi Bola Basket Lithuania (LTU Basketball) untuk mengembangkan olahraga bola basket tanah air di beberapa aspek, khususnya kepada pemain muda. Kerja sama yang dijalin pada akhir Oktober 2023 itu memungkinkan LTU Basketball untuk memberikan berbagai pengalaman, pengetahuan, dan manajemen pengembangan olahraga basket kepada Indonesia.

Sebanyak 15 pemain dari sejumlah daerah di Indonesia terpilih menjadi bagian dalam Indonesia Patriots, guna menjalani pemusatan latihan (TC) di Lithuania, setelah melalui proses seleksi yang ketat. Sementara itu, Lithuania adalah salah satu kekuatan besar bola basket dunia. Selain memasok pebasket-pebasket tangguh untuk NBA, Lithuania juga pernah mendapatkan tiga medali Olimpiade, tiga kali juara Eropa, dan pada Piala Dunia FIBA 2023 finis urutan keenam.

Artikel Tag: Indonesia Patriots, Lithuania, Perbasi

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/indonesia-patriots-akan-berangkat-ke-lithuania-akhir-tahun-nanti
327  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini