Hasil NBA: Utah Jazz Jungkalkan Detroit Pistons 154-148 Lewat OT

Penulis: Hanif Rusli
Jumat 05 Jan 2024, 10:45 WIB
Jordan Clarkson mencetak 36 poin saat Utah Jazz mengalahkan Detroit Pistons 154-148 dalam babak perpanjangan waktu. (Foto: AP)

Jordan Clarkson mencetak 36 poin saat Utah Jazz mengalahkan Detroit Pistons 154-148 dalam babak perpanjangan waktu. (Foto: AP)

Ligaolahraga.com -

Jordan Clarkson mencetak 29 dari 36 poinnya setelah turun minum dan Lauri Markkanen menambahkan 31 poin saat tuan rumah Utah Jazz mengalahkan Detroit Pistons dengan skor 154-148 dalam babak perpanjangan waktu pada Rabu (3/1) malam.

Satu pertandingan setelah triple-double pertamanya, Clarkson melesakkan tembakan tiga angka dengan 1:44 tersisa di babak perpanjangan waktu untuk memberi Jazz keunggulan 149-142.

"Rasanya menyenangkan. Pada saat itu saya berada dalam ritme permainan dan hal yang paling penting adalah kami terus bergerak, menciptakan celah dan mendapatkan ruang serta kesempatan untuk membuka ruang dan memasukkan beberapa tembakan," kata Clarkson, yang melewati Gordon Hayward di urutan keempat sepanjang masa dalam daftar pencetak lemparan tiga angka terbanyak dalam sejarah NBA dengan 690 lemparan tiga angka.

Total 154 poin yang diraih Jazz menyamai rekor franchise untuk jumlah poin dan 148 poin merupakan rekor tertinggi untuk kekalahan bagi Detroit Pistons.

"Saya pikir ini benar-benar puncak dari bagaimana tim kami bermain dan semua orang percaya bahwa ketika mereka memberikan bola, semua orang akan terus mencoba untuk membuat permainan yang tepat," kata pelatih Utah Jazz, Will Hardy, mengenai timnya yang menembak 52% dari lapangan dan 50% dari garis 3 poin.

Utah Jazz telah memenangkan sembilan dari 12 pertandingan terakhir mereka, yang merupakan penampilan terbaik mereka di musim ini sebelum mereka akan menjalani laga tandang ke Boston, Philadelphia dan Milwaukee.

"Di awal tahun, kami mencoba untuk mencari tahu peran kami di sebuah tim muda," kata Clarkson. "Kami menjadi lebih nyaman dengan mengetahui bahwa bola akan kembali dan menemukan Anda. Kami mulai bergerak dan bermain dengan cara seperti itu. Kami baru saja percaya diri."

Markkanen dan Alec Burks saling bertukar lemparan tiga angka di 5 detik terakhir waktu reguler untuk membawa pertandingan ke babak perpanjangan waktu, di mana Utah Jazz akhirnya mengendalikan permainan dan membuat Detroit Pistons menelan kekalahan ke-30 dalam 31 pertandingan terakhir mereka.

"Empat atau lima pertandingan terakhir kami memainkan bola basket yang bagus. Kami mengungguli setiap tim. Kami mengungguli mereka. Kami membuat 32 assist lagi malam ini, jadi kami memainkan bola basket yang bagus, tetapi kami masih membutuhkan sedikit dorongan untuk memenangkan pertandingan seperti ini," kata pemain Detroit, Bojan Bogdanovic.

Bogdanovic mencetak 36 poin, termasuk delapan lemparan tiga angka, dan Burks menambahkan 27 poin yang merupakan rekor terbaiknya.

Cade Cunningham mencetak 31 poin dan 12 assist, namun Detroit Pistons memperpanjang 17 kekalahan beruntun di laga tandang, yang telah berlangsung sejak kemenangan pembukaan laga tandang di Charlotte pada 27 Oktober.

"Kami berada di sana. Kami menempatkan diri kami pada posisi yang tepat. Tapi saya merasa turnover datang secara tiba-tiba hari ini," kata Cunningham.

Dengan 15 detik tersisa di waktu reguler, Bogdanovic melesakkan tembakan 3 angka untuk menyamakan kedudukan menjadi 135-135 setelah Clarkson melakukan layup dan tembakan tiga angka dalam laju 7-0 Jazz.

Burks telah membawa Pistons unggul 132-128 dengan 3:06 tersisa di waktu reguler.

Kedua tim mencatatkan poin tertinggi musim ini bahkan sebelum perpanjangan waktu. Utah terakhir kali mencetak poin sebanyak ini dalam kemenangan 154-105 atas Sacramento pada 28 April 2021.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah NBA, lima tim mencapai 140 poin di malam yang sama, menurut ESPN.

Utah Jazz tertinggal hingga pertengahan kuarter ketiga ketika Jazz mengubah sepasang turnover menjadi sebuah tembakan 3 poin oleh Simone Fontecchio dan dunk fast-break Keyonte George.

Jazz memimpin 95-92 namun Detroit Pistons tidak menyerah dan memimpin 112-104 di awal kuarter keempat di belakang Burks, yang mencetak 10 poin di 2:41 terakhir kuarter ketiga, dan Bogdanovic, yang memasukkan lemparan tiga angka ketujuhnya pada saat itu.

"Tentu saja, sangat menyenangkan untuk mencetak angka, namun saya pikir hal tersebut memberikan banyak tekanan pada penyerangan dan eksekusi kami, karena jika kami tidak mendapatkan penghentian, kami tahu bahwa kami harus mendapatkan angka yang bagus di sisi lain," ujar Markkanen.

Collin Sexton mencetak 25 poin untuk Utah Jazz, yang telah memenangkan lima pertandingan beruntun di kandang.

Pistons telah kalah dalam tujuh pertandingan tahun ini setelah sempat unggul dua digit. Mereka terakhir kali memimpin dengan selisih 10 poin pada 49-39 di kuarter kedua melalui tembakan jumper Bogdanovic.

"Saya senang dengan cara kami merespons. Saya percaya itulah kami. Saya pikir kami akan menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Ini adalah pengalaman belajar yang luar biasa bagi para pemain kami tentang bagaimana memainkan sebuah pertandingan," ujar pelatih Detroit Pistons, Monty Williams.

Untuk pertandingan selanjutnya, Detroit Pistons (3-31, 1-17 TANDANG) berkunjung ke kandang Golden State Warriors pada Jumat (5/1) malam, sementara Utah Jazz (16-19, 5-14 TANDANG) bertamu ke kandang Boston Celtics pada hari Jumat yang sama.

Artikel Tag: Detroit Pistons, Utah Jazz

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/hasil-nba-utah-jazz-jungkalkan-detroit-pistons-154-148-lewat-ot
245  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini