Hasil NBA: Dallas Mavericks Luluh Lantakkan Utah Jazz 147-97

Penulis: Hanif Rusli
Kamis 07 Des 2023, 19:20 WIB
Luka Doncic (kiri) mencetak 40 poin, 11 rebound dan 10 assist saat Dallas Mavericks menang 147-97 atas Utah Jazz. (Foto: AP)

Luka Doncic (kiri) mencetak 40 poin, 11 rebound dan 10 assist saat Dallas Mavericks menang 147-97 atas Utah Jazz. (Foto: AP)

Ligaolahraga.com -

Luka Doncic mencetak 40 poin, 11 rebound dan 10 assist dengan hanya bermain tiga kuarter setelah mencetak triple-double pertama di paruh pertama dalam kariernya dalam kemenangan 147-97 Dallas Mavericks atas tim tamu Utah Jazz pada Rabu (6/12) malam.

Doncic mencatatkan triple-double ke-60 dalam kariernya untuk melewati Larry Bird dan menempati posisi kesembilan dalam daftar kariernya.

"Cukup luar biasa," kata Doncic, yang mengenakan ikat kepala tipis untuk pertama kalinya hanya beberapa hari setelah menjadi ayah untuk pertama kalinya. "Saya tidak tahu harus berkata apa, sejujurnya. Kita semua tahu siapa Larry Bird, jadi ini sangat spesial."

Doncic memasukkan 14 dari 25 tembakan lapangan, enam dari 12 tembakan tiga angka. Ia bermain selama 32 menit, sedikit di atas rata-rata per pertandingannya.

"Luka mengatur suasana dengan itu, melesakkan tembakan demi tembakan... tembakan demi tembakan," kata Tim Hardaway Jr. "Saya pikir dia akan mencatat 50-20-20."

Doncic memasuki 1:30 terakhir kuarter kedua dengan 29 poin, sembilan rebound dan sembilan assist. Dia meraih rebound dengan 1:11 tersisa setelah lemparan bebas yang gagal dari Keonte George. Dua belas detik kemudian, ia melambungkan operan ke dalam kepada Dereck Lively II, yang melakukan dunk dan menghasilkan assist ke-10.

Dengan statistik real-time untuk para pemain di lapangan yang ditampilkan di papan video American Airlines Center, para penonton mengikuti perkembangan Doncic dan bersorak-sorai setelah Lively melakukan dunk. Itu merupakan raihan triple-double dengan 25 poin di paruh pertama yang pertama dalam sejarah NBA.

Doncic mengakui bahwa ia juga sadar akan angka-angkanya di menit-menit akhir paruh pertama.

"Saya mengincar (assist pada) tembakan lapangan terakhir, dan assist," katanya.

Itu merupakan pertandingan dengan skor tertinggi Dallas Mavericks musim ini dan hanya kurang dua poin dari pertandingan dengan skor tertinggi yang pernah mereka capai dalam waktu reguler.

Keunggulan 52 poin Dallas di menit-menit akhir hanya kurang satu poin dari rekor franchise yang dicetak pada November 2014 dalam kemenangan 123-70 atas Philadelphia. Mavericks menembak 55,4%, terbaik musim ini.

Dallas Mavericks memasuki pertandingan dengan memimpin NBA dengan rata-rata 15,9 lemparan tiga angka per pertandingan dan berhasil memasukkan 22 dari 49 percobaan.

Bagi Utah Jazz, ini merupakan kekalahan terburuk kedua dalam sejarah tim setelah kekalahan 56 poin dari Milwaukee (158-102) pada Maret 1979.

"Itu penampilan yang sangat menghebohkan," kata pelatih Utah Jazz, Will Hardy. "Sepertinya Mavericks bergerak dengan kecepatan yang berbeda dari kami dari awal hingga akhir."

Doncic menyelesaikan paruh pertama dengan memasukkan 10 dari 17 tembakan lapangan, enam dari 10 tembakan tiga angka dalam 20 menit.

Total 60 triple-double Doncic tercipta dalam 349 pertandingan musim reguler. Bird telah memainkan 897 pertandingan.

Kyrie Irving membukukan 26 poin untuk Dallas Mavericks. Dallas Mavericks kalah dalam dua pertandingan sebelumnya, keduanya di kandang, dan kehilangan salah satu pemain bintang mereka: Doncic (Jumat vs Memphis, kelahiran anak) dan Irving (Sabtu vs Oklahoma City, cedera kaki).

Ochai Agbaji memimpin Utah Jazz dengan 21 poin. Utah bermain tanpa pencetak poin terbanyak Lauri Markkanen dan Jordan Clarkson. Markkanen, yang juga merupakan rebounder utama, mengalami cedera hamstring dan telah absen dalam enam pertandingan beruntun. Clarkson absen untuk keempat kalinya dalam lima pertandingan karena cedera paha.

Utah Jazz mengalami kekalahan tandang terbanyak di NBA musim ini dengan 10 dari 11 pertandingan.

Pertandingan ini ditambahkan ke dalam jadwal pekan lalu setelah kedua tim tersingkir dari turnamen "in-season" perdana NBA. Masing-masing tim bertanding setelah tiga hari libur.

Untuk pertandingan selanjutnya, Utah Jazz (7-14, 6-4 KANDANG) menjamu Los Angeles Clippers pada Jumat (8/12) malam, sementara Dallas Mavericks (12-8, 6-4 TANDANG) berkunjung ke kandang Portland Trail Blazers pada hari Jumat yang sama.

Artikel Tag: Utah Jazz, dallas mavericks

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/hasil-nba-dallas-mavericks-luluh-lantakkan-utah-jazz-147-97
232  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini