Hasil NBA: Cleveland Cavaliers Percundangi Boston Celtics 105-104

Penulis: Hanif Rusli
Kamis 07 Mar 2024, 04:00 WIB
Dean Wade (kanan) mencetak 23 poin saat Cleveland Cavaliers mengejutkan Boston Celtics 105-104 pada Selasa (5/3) malam. (Foto: AP)

Dean Wade (kanan) mencetak 23 poin saat Cleveland Cavaliers mengejutkan Boston Celtics 105-104 pada Selasa (5/3) malam. (Foto: AP)

Ligaolahraga.com -

Dean Wade melakukan lima lemparan tiga angka dan mencetak 20 poin pada kuarter keempat, mengungguli Boston Celtics sendirian, dan tuan rumah Cleveland Cavaliers memenangkan tinjauan ulang pada detik-detik terakhir untuk mengejutkan tim tamu dengan skor 105-104 pada Selasa (5/3) malam.

Kekalahan Boston Celtics itu mengakhiri rekor kemenangan beruntun terpanjang NBA musim ini dengan 11 pertandingan.

Dengan bintang NFL Travis Kelce memberikan semangat kepada para penonton Cleveland dari kursi di pinggir lapangan, Cleveland Cavaliers mengatasi defisit 22 poin pada periode akhir, kebangkitan kuarter keempat terbesar dalam sejarah franchise.

"Sejujurnya, ketika Kelce bersaudara mulai menyemangati para penonton, kami tahu kami bisa melakukannya," ujar pemain center Cavs Jarrett Allen.

Cleveland Cavaliers kembali menyerbu tanpa pemain All-Star Donovan Mitchell, yang absen karena cedera lutut, serta pemain depan Evan Mobley, yang keluar karena pergelangan kakinya terkilir di kuarter ketiga.

Wade, yang mencetak 23 poin tertinggi dalam karirnya, menjadi penyelamat dengan rentetan lemparan tiga angka di kuarter keempat dan sebuah putback dunk dengan 19,1 detik tersisa yang membawa Cleveland Cavaliers unggul 105-104.

Boston Celtics berusaha melakukan tembakan terakhir dan pemain All-Star Jayson Tatum, yang memimpin Boston Celtics dengan 26 poin, terlihat melakukan pelanggaran terhadap pemain Cleveland, Darius Garland, ketika melakukan tembakan jumper dengan 0,7 detik tersisa.

Cleveland Cavaliers menentang keputusan tersebut, dan setelah peninjauan ulang, ofisial mengatakan bahwa kaki Tatum lah yang menyebabkan terjadinya kontak dan bukan Garland.

"Saya pikir itu adalah pertahanan yang hebat," kata Garland, yang tidak yakin keputusan itu akan menguntungkannya. "Saya tahu tendangan kaki itu seperti sedang dimainkan. Tulang kering saya masih terasa sakit karenanya, jadi saya senang itu dibatalkan.

Tatum merasa Garland melakukan kontak yang cukup untuk mendapatkan lemparan bebas.

"Saya pikir saya dilanggar, tetapi mereka (wasit) tidak menganggap saya dilanggar, yang mana itu sulit karena kami akan mendapatkan tip-in," katanya. "Itu adalah cara yang aneh untuk mengakhiri pertandingan."

Ini merupakan kemenangan terakhir yang menggetarkan di kandang bagi Cleveland Cavaliers, yang mengalahkan Dallas pekan lalu melalui tembakan Max Strus dari jarak 60 kaki di akhir pertandingan.

Setelah pertandingan, Wade, yang tumbuh besar di Kansas dan merupakan penggemar berat Chiefs, mengatakan bahwa Kelce memberinya tawaran.

"Dia mengatakan jika bola basket tidak cocok untuk saya, saya bisa menjadi pemain cadangan," kata Wade. "Saya punya tangan yang bagus. Itu sangat mengagumkan. Sangat keren."

Cavs mengandalkan Wade untuk tampil lebih konsisten, terutama saat ia tidak dalam kondisi fit.

"Dia adalah seorang pria yang memiliki banyak sisi. Dia bukan hanya seorang penembak jitu," kata pelatih Cavs J.B. Bickerstaff. "Kami tahu apa yang bisa dia lakukan secara defensif. Namun ia memiliki permainan ofensif dan malam ini ia berhasil melakukannya.

"Namun keyakinan, kepercayaan diri, itulah yang menjadi inti dari Dean Wade."

Allen menambahkan 21 poin dan 12 rebound dan Garland memiliki 16 poin dan 11 assist untuk Cavs, yang membuat delapan dari 11 lemparan tiga angka di kuarter keempat. Pemain cadangan Georges Niang juga melakukan dua lemparan tiga angka untuk membantu mendorong reli Cleveland.

Kristaps Porzingis mencetak 24 poin dan Jaylen Brown memiliki 21 poin untuk Boston Celtics, yang kalah untuk pertama kalinya sejak 1 Februari. Celtics menang tiga kali dengan selisih lebih dari 40 poin dalam periode tersebut.

"Itulah yang terjadi ketika Anda tidak menancapkan gas dan tidak membuat tim NBA menjauh," kata Brown. "Beri tepuk tangan untuk Dean Wade. Ia tampil luar biasa, namun kami seharusnya memenangkan pertandingan itu. Kami belum pernah melihat tim yang menyerang balik seperti itu.

"Hari ini adalah kekalahan mentalitas. Kami menguasai pertandingan. Seharusnya itu tidak terjadi."

Mitchell, pencetak skor terbanyak Cavs, mengalami cedera lutut kiri. Ia akan absen setidaknya dalam dua pertandingan berikutnya, dan ia bisa absen lebih lama lagi dengan cedera yang tidak merespons istirahat.

Mitchell telah menerima suntikan plasma kaya trombosit pada hari Senin. Dia akan diperiksa kembali akhir pekan ini.

Cleveland juga kehilangan Mobley, yang tidak dapat kembali setelah pergelangan kaki kirinya terkilir dengan 5:29 tersisa di kuarter ketiga.

Boston Celtics baru saja meraih kemenangan telak 52 poin atas Golden State, kemenangan ketiga klub dengan 50 poin atau lebih musim ini. Mereka masih unggul 16 poin dengan 7:28 tersisa, namun Cavs terus mengejar ketertinggalan dan Wade akhirnya membawa mereka unggul dengan tembakan tiga angka kelimanya.

Keluarga Kelce hadir saat Cavs memberikan penghormatan kepada mereka dengan sebuah boneka yang menggambarkan bintang-bintang NFL kelahiran Cleveland. Jason Kelce, yang pensiun dari Philadelphia Eagles setelah 13 musim pada hari Senin, dihadiahi jersey No. 62.

Untuk pertandingan selanjutnya, Boston Celtics (48-13, 19-10 TANDANG) berkunjung ke kandang Denver Nuggets pada hari Kamis (7/3), sementara Cleveland Cavaliers (40-21, 19-10 TANDANG) bertamu ke kandang Atlanta Hawks pada hari Rabu (6/3).

Artikel Tag: Boston Celtics, Cleveland Cavaliers

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/hasil-nba-cleveland-cavaliers-percundangi-boston-celtics-105-104
215  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini