FIBA Asia Cup: Marques Bolden Masuk Nominasi Debutan Terbaik

Penulis: Senja Hanan
Kamis 14 Jul 2022, 15:21 WIB
Bintang Timnas Basket Indonesia, Marques Bolden di ajang FIBA Asia Cup.

Bintang Timnas Basket Indonesia, Marques Bolden di ajang FIBA Asia Cup.

Ligaolahraga.com -

Berita Basket Indonesia: Debut gemilang langsung diperlihatkan Marques Bolden saat membela Timnas Basket Indonesia di ajang FIBA Asia Cup. Itu membuat dirinya masuk nominasi debutan terbaik.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Istora Senayan itu, Bolden bermain cemerlang dengan mencetak double-double 32 poin dan 16 rebounds saat menghancurkan Arab Saudi dengan skor telak 80-54.

"Tentu tidak ada yang lebih baik dari ini, bukan?" demikian kalimat pembuka ulasan singkat situs resmi FIBA Asia Cup atas penampilan debut Bolden.

"Melakoni debut timnas di kandang sendiri, di hadapan penonton yang begitu ramai, mencetak 32 poin, 16 rebound, dan enam blok (rasio efisiensi 48) dalam sebuah kemenangan penting. Bolden pasti tertidur dengan senyum yang lebar setelah pertandingan pertamanya untuk Indonesia itu," tulis ulasan yang sama.

Situs resmi FIBA Asia menggelar jajak pendapat yang bisa diakses untuk umum sejak Kamis siang ini.

Dalam hasil sementara hingga pukul 14.00 WIB, Bolden berada di urutan kedua dengan 294 suara di bawah pebasket Korea Selatan Ra Gun-ah yang sudah mengantungi 703 suara.

Ra, yang merupakan pebasket naturalisasi asal Amerika Serikat dan punya nama asli Ricardo Ratliffe, berperan krusial lewat 25 poin dan 14 rebound yang dibukukannya saat Korsel menorehkan kemenangan terbesar atas China dengan skor 93-81 pada Selasa (12/7).

Beberapa nama lain yang masuk dalam deretan penampilan debut terbaik versi situs resmi FIBA Asia adalah pebasket 32 tahun Hayk Gyokchyan yang mengemas 19 poin dan delapan rebound saat Lebanon mengalahkan Filipina 95-80, Rabu (13/7).

Meski Filipina kalah, debutan raja basket Asia Tenggara itu juga termasuk dalam nominasi debut terbaik Piala FIBA Asia 2022, yakni Carl Tamayo yang mencetak 15 poin, mengamankan enam rebound, dan mengirimkan tiga assist.

Selanjutnya pemain Taiwan Chen Ying-Chin yang membukukan 16 poin, enam assist, dan enam steal saat timnya menundukkan Bahrain 102-84 pada Selasa (12/7). Di kubu berlawanan, pemain naturalisasi Wayne Chism juga masuk dalam deretan debut terbaik lewat 24 poin, 18 rebound, dan lima blok untuk Bahrain.

Talenta muda Jepang, Yuki Kawamura yang sempat mencuri perhatian di Kejuaraan Asia U-18 2018 akhirnya menandai debutnya di level senior Asia.

Dalam debut di FIBA Asia Cup, Kawamura memang tidak sementereng nama-nama di atas dan hanya mencetak delapan poin, delapan assist, dan dua steal, saat Jepang mengatasi Kazakhstan 100-68 pada Rabu (13/7).

Artikel Tag: FIBA Asia Cup, Marques Bolden, Timnas basket Indonesia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/fiba-asia-cup-marques-bolden-masuk-nominasi-debutan-terbaik
590  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini