Boston Celtics Bertekad Jadi Juara Beruntun Pertama Sejak 2018

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 19 Jun 2024, 23:55 WIB
Boston Celtics 2024 menjadi tim pertama dalam tujuh tahun terakhir yang memiliki rekor musim reguler terbaik sekaligus memenangkan gelar juara. (Foto: NBA)

Boston Celtics 2024 menjadi tim pertama dalam tujuh tahun terakhir yang memiliki rekor musim reguler terbaik sekaligus memenangkan gelar juara. (Foto: NBA)

Ligaolahraga.com -

Boston Celtics membutuhkan waktu lebih dari satu dekade, beberapa keputusan yang cerdik dari front office, pemilihan pemain yang sukses, dan sedikit keberuntungan di area agen bebas untuk mengumpulkan daftar pemain yang mengakhiri puasa gelar selama 16 tahun.

Sekarang, dengan MVP Final NBA Jaylen Brown telah menandatangani kontrak jangka panjang dan sesama All-Star Jayson Tatum yang akan bergabung dengannya di klub senilai $300 juta musim panas ini, Boston Celtics menghadapi daftar tugas musim yang relatif singkat untuk mempertahankan skuad inti untuk menjadi tim pertama sejak Golden State Warriors tahun 2018 yang mengulang sebagai juara.

Merayakan gelar juara ke-18 yang memecahkan rekor franchise ini, pemilik mayoritas Celtics, Wyc Grousbeck, memuji Brad Stevens, presiden operasi bola basket, karena telah menyelesaikan proses yang dimulai saat Stevens dipekerjakan sebagai pelatih kepala pada 2013.

"Kita semua telah menyaksikan tim ini dalam beberapa tahun terakhir. Tim yang hebat, tetapi tidak cukup sampai di situ," kata Grousbeck. "Dan Brad sangat brilian. Kami tahu kami perlu melakukan perubahan... dan dia menyelesaikannya."

Transisi dari eksekutif lama Danny Ainge, yang membangun tim Big 3 pemenang kejuaraan 2008 yang terdiri dari Paul Pierce, Kevin Garnett, dan Ray Allen, ke Stevens yang berusia 44 tahun adalah satu langkah berani.

Hanya tiga tahun setelah pindah dari pinggir lapangan ke front office, Stevens telah membuktikan kepercayaan yang diberikan kepadanya. Dia memanfaatkan sejumlah besar pemain yang ditinggalkan oleh Ainge dan menggunakan pendekatan agresif pendahulunya untuk membentuk kembali tim.

Transformasi dimulai secara halus dengan akuisisi Derrick White dari San Antonio pada tenggat waktu pertukaran pada Februari 2022, seorang pemain muda yang memiliki kemampuan bertahan.

Setelah kekalahan di Final dari Warriors, Stevens menghadapi skorsing dan akhirnya kepergian pelatih Ime Udoka karena perilaku yang tidak pantas. Menghadapi saat-saat kritis, Stevens mempercayai instingnya dan mempromosikan asisten pelatih Joe Mazzulla menjadi pelatih kepala.

Setelah kekalahan di final konferensi dari Miami musim lalu, Stevens melakukan langkah berani dengan menukar pemain veteran Marcus Smart dan Pemain Cadangan Terbaik NBA Malcolm Brogdon dalam kesepakatan terpisah.

Pertukaran ini mendatangkan Kristaps Porzingis yang berpostur 7 kaki dan guard Jrue Holiday, yang terbukti menjadi bagian yang hilang dari tim yang mengakhiri musim dengan skor 80-21, termasuk babak playoff, yang berada di urutan kedua setelah tim juara Boston Celtics musim 1985-1986.

Musim ini menandai yang pertama dalam tujuh tahun terakhir di mana tim dengan rekor musim reguler terbaik memenangkan gelar juara. Yang terpenting, Boston Celtics memiliki posisi yang baik untuk mempertahankan tim utamanya di masa mendatang.

Brown masih terikat kontrak hingga 2029, dan Tatum memenuhi syarat untuk menandatangani perpanjangan supermax lima tahun senilai 315 juta dolar AS pada musim panas ini, yang akan berlaku hingga 2031.

White, yang akan berstatus agen bebas pada 2025, dapat menandatangani kontrak empat tahun senilai sekitar $125 juta pada musim ini. Pemain yang kembali menjadi starter, Holiday dan Porzingis, telah diperpanjang hingga 2028 dan 2026.

Meskipun Boston Celtics mungkin akan menghadapi beberapa keputusan pajak barang mewah yang menantang di musim-musim mendatang, tim ini dibangun untuk menang sekarang. Brown menekankan kesiapan tim untuk mempertahankan gelar juara musim depan dan seterusnya.

"Saya pikir kami memiliki kesempatan. Saya pikir kami pasti memiliki peluang," katanya. "Kami mengambilnya satu hari demi satu hari. Kami tentu harus memastikan kami tetap sehat. Tapi, kami akan menikmati musim panas, menikmati momen ini, dan kemudian kami akan kembali lagi tahun depan."

Artikel Tag: Boston Celtics

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/boston-celtics-bertekad-jadi-juara-beruntun-pertama-sejak-2018
243  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini