Berita Basket: Trump Jadi Presiden, Banyak Pemain NBA Akan Menolak Undangan ke Gedung Putih

Penulis: Hanif Rusli
Jumat 11 Nov 2016, 13:01 WIB
Berita Basket: Trump Jadi Presiden, Banyak Pemain NBA Akan Menolak Undangan ke Gedung Putih

LeBron James sudah tiga kali datang ke Gedung Putih sebagai juara NBA

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga – Berita Basket: Terpilihnya Donald Trump sebagai presiden baru AS mengundang kritikan pedas dari sejumlah pemain dan pelatih di kompetisi NBA, yang sebagian besar pemainnya berkulit hitam Afro-Amerika. Mereka tak sepakat dengan profil Trump yang dikenal lebih mengedepankan supremasi kulit putih.

Tidak heran, sejumlah pengamat NBA termasuk Jalen Rose dari NBA Countdown meyakini akan ada banyak pemain yang enggan menerima undangan ke Gedung Putih selama masa kepresidennya. Tidak hanya di NBA, tapi juga kompetisi pro NFL yang kompetisinya juga didominasi Afro-Amerika.

Mantan pemain NBA dan analisis ESPN Chauncey Billups juga sependapat dengan prediksi Rose. Padahal undangan presiden AS kepada setiap juara tim profesional sudah dilaksanakan tiap tahun. “Saya pikir, banyak pemain yang akan mengambil hak tersebut,” ujarnya.

Dia pun menceritakan saat meluangkan waktu dengan neneknya yang berusia 82 tahun dan berasal dari Mississippi. “Jadi Anda bisa bayangkan apa yang sudah dia lihat sepanjang hidupnya,” kata Billups. “Saya merasa kasihan kepadanya, kepada generasinya. Mereka melihat orang ini mengatakan hal-hal buruk soal wanita.”

Billups pun mengutarakan kekhawatiran terhadap masa depan ketiga putrinya. “Saya takut kesempatan-kesempatan yang disediakan untuk sebagian orang, ras-ras berbeda di Amerika Serikat, semua itu tidak akan tersedia bagi anak-anak saya. Itu sangat mengecewakan,” tandasnya.

Sementara itu, seorang pemain yang tak mau diungkap namanya dan membela tim juara bertahan NBA Cleveland Cavaliers mengaku seluruh pemain di timnya mungkin akan menolak undangan ke Gedung Putih dari Trump. Ironisnya, Cavs datang ke Gedung Putih pada sore yang sama Obama menerima Trump, presiden terpilih, di Oval Office, Kamis (10/11).

Banyak pemain dari setiap olahraga papan atas di AS pernah menolak undangan dengan berbagai alasan, baik yang bersifat politis atau bukan, mendukung Partai Republik atau Demokrat. Sejumlah legenda NBA pun pernah melakukannya.

Michael Jordan menolak undangan George H.W. Bush pada 1991 (“Bagaimana bisa saya dikatakan tak menghormati presiden ketika saya memilih meluangkan waktu dengan keluarga.”) dan Larry Bird semasa kepresidenan Ronald Reagan pada 1984 (Jika presiden ingin menemui saya, dia tahu di mana harus mencari saya.”)

Artikel Tag: donald trump, michael jordan, Larry Bird, LeBron james, Barack Obama, Chauncey Billups, basket, NBA

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/berita-basket-trump-jadi-presiden-banyak-pemain-nba-akan-menolak-undangan-ke-gedung-putih
1913  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini