Anthony Beane Dapat Lampu Hijau Bela Pelita Jaya Sejak Awal Musim

Penulis: Senja Hanan
Jumat 29 Des 2023, 11:31 WIB
Anthony Beane Dapat Lampu Hijau Bela Pelita Jaya Sejak Awal Musim

Anthony Beane Dapat Lampu Hijau Bela Pelita Jaya Sejak Awal Musim

Ligaolahraga.com -

Berita Basket IBL: PP PERBASI mendukung keputusan Jerome Anthony Beane yang akan berkarir di IBL musim 2024. Bahkan, pemain lokal naturalisasi bisa bela Pelita Jaya sejak awal musim.

“Anthony Beane merupakan salah satu bagian dari Timnas Bolabasket Indonesia yang dipersiapkan dalam ajang terdekat di tahun 2024. Maka dari itu, PERBASI memutuskan Beane dapat bermain di IBL tahun 2024 sejak awal musim,” terang Sekjen PP PERBASI Nirmala Dewi.

Sebagaimana diketahui, menatap IBL musim 2024 PERBASI membebaskan pemain lokal naturalisasi berstatus Timnas Basket Indonesia bermain di kompetisi domestik. Sebelumnya para pemain lokal naturalisasi didorong bermain di liga luar negeri karena tujuan melakukan naturalisasi adalah untuk timnas, bukan untuk klub.

Aturan ini kemudian direspons mereka dengan berlomba-lomba main di liga luar negeri untuk menjaga performa. Setelah dievaluasi, skenario ini kadang-kadang membuat BTN kesulitan memanggil pemain saat dibutuhkan tenaganya karena bertabrakan dengan agenda di masing-masing klub.

Musim ini, beberapa pemain lokal naturalisasi Timnas Basket Indonesia sudah mulai direkrut klub IBL. Ada Lester Prosper menjadi milik Dewa United. Masuknya Beane di IBL ini karena untuk kepentingan Timnas Basket Indonesia.

Karena itulah, PERBASI mendorong Beane bisa menikmati IBL sejak awal musim meski dia belum genap 365 hari memegang paspor hijau. Putusan PERBASI ini tertuang dalam surat tanggapan dari IBL terkait status Beane. Surat bernomor 2313-REV/PP/DN/XII/2023 tertanggal 22 Desember 2023.

Bagaimana tanggapan IBL? Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah mengatakan, ketentuan pemain naturalisasi yang disebut lokal naturalisasi dapat bermain di IBL sejak 2021. Tujuannya adalah untuk memberi kesempatan kepada pemain WNI dapat bermain di liga nasional kemudian memberi dampak positif baik kepada klub, pemain, dan juga tim nasional.

“Dengan kehadiran pemain naturalisasi ini tentu mendorong peningkatan level permainan di liga nasional,” jelas Junas.

“Terkait kalender ajang nasional dan internasional, tentunya merupakan prioritas dan perlu didukung termasuk dalam hal sinkronisasi jadwal,” ucapnya.

Artikel Tag: Anthony Beane, Pelita Jaya

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/anthony-beane-dapat-lampu-hijau-bela-pelita-jaya-sejak-awal-musim
235  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini