Ali Budimansyah: Laga Pertama Lawan Arab Saudi Sangat Krusial

Penulis: Senja Hanan
Minggu 10 Jul 2022, 17:42 WIB
Mantan pebasket Indonesia, Ali Budimansyah. (Images: IBL)

Mantan pebasket Indonesia, Ali Budimansyah. (Images: IBL)

Ligaolahraga.com -

Berita Basket Indonesia: Timnas Basket Indonesia akan mengawali laga pertama melawan Arab Saudi. Mantan pebasket Timnas, Ali Budimansyah mengatakan bahwa laga pertama sangat krusial.

"Laga pertama krusial dan sangat penting. Kemenangan akan memberi rasa kepercayaan diri pemain semakin meningkat. Kalau Indonesia menang lawan Arab Saudi peluang lolos ke babak selanjutnya terbuka lebar," ujar Ali Budimansyah yang juga dikenal dengan julukan Budi Jordan.

FIBA Asia Cup 2022 menggunakan sistem playoff untuk tim yang akan berlaga di perempat final. Juara dari masing-masing grup akan langsung lolos. Sementara tim peringkat kedua grup, akan melawan tim posisi tiga grup lainnya.

Indonesia bergabung di Grup A bersama Arab Saudi, Yordania, dan Australia. Jika juara grup, Indonesia lolos langsung ke perempat final sekaligus memastikan tiket berlaga di FIBA World Cup 2023. Jika finis sebagai runner up, Indonesia akan berhadapan dengan tim peringkat ketiga Grup B yang diisi Cina, Korea Selatan, Cina Taipei, dan Bahrain. Sementara jika menempati peringkat ketiga Grup A, Indonesia akan berhadapan dengan runner up Grup B.

Skenario terbaik selain juara grup adalah menjadi runner up. Sebab, Indonesia kemungkinan akan terhindar dari Cina dan Korea Selatan yang diprediksi menjadi juara dan runner up Grup B.

Ali Budimansyah menambahkan, kehadiran penonton langsung di lapangan membuat pemain lebih semangat bermain. Ia mengatakan, ada kiasan penonton adalah pemain keenam di olahraga basket.

Budi merupakan salah satu pelaku sejarah di ajang FIBA Asia Cup. Ketika Indonesia menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup pada 1993, Budi merupakan salah satu pemainnya. Itu sebabnya ia sangat memahami arti pentingnya dukungan penonton saat timnas basket bertanding.

"Dukungan penonton akan membuat pemain lebih semangat. Oleh sebab itu saya mengajak mari kita putihkan Istora saat laga perdana lawan Arab Saudi, serta laga lainnya," kata Budi.

Indonesia sebelumnya berhadapan dengan Arab Saudi pada laga Grup C Kualifikasi FIBA World Cup 2023. Indonesia kalah telak 66-95 pada pertemuan pertama di Arab Saudi. Kemudian pada pertemuan kedua awal bulan ini, Indonesia yang tidak tampil full team hanya kalah 67-69. Ini membuat Budi optimis Arki Dikania Wisnu dkk akan memenangkan pertandingan pembuka menghadapi lawan yang sama di FIBA Asia Cup.

Artikel Tag: Timnas basket Indonesia, Ali Budimansyah, FIBA Asia Cu[

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/ali-budimansyah-laga-pertama-lawan-arab-saudi-sangat-krusial
642  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini