Adam Silver: NBA Resmi Pensiunkan Jersey Nomor 6 Milik Russell

Penulis: Senja Hanan
Jumat 12 Agu 2022, 17:54 WIB
Adam Silver umumkan NBA bakal pensiunkan jersey nomor 6 milik Bill Russell.

Legenda Boston Celtics, Bill Russell.

Ligaolahraga.com -

Berita Basket NBA: Komisioner NBA, Adam Silver memastikan akan pensiunkan jersey nomor 6 milik Bill Russell untuk selamanya. Artinya, tidak akan ada lagi pemain yang boleh memakai jersey tersebut.

"Keberhasilan Bill Russell yang tak tertandingi di lapangan dan aktivisme hak-hak sipil perintis layak untuk dihormati dengan cara yang unik dan bersejarah," kata komisaris NBA Adam Silver dalam sebuah pernyataan.

"Secara permanen No. 6 miliknya dipensiunkan untuk setiap tim, NBA memastikan bahwa karir Bill Russell akan selalu diakui," tambahnya, sebagaimana diberitakan ESPN.

Dimulai dengan musim 2022-23, maka tidak ada tim NBA yang diizinkan untuk mengeluarkan No. 6 kepada pemain mana pun. Pemain yang saat ini memakai No. 6 -- seperti bintang Los Angeles Lakers LeBron James -- dapat terus melakukannya. Menurut Referensi Bola Basket, 25 pemain, termasuk James, Kristaps Porzingis, Alex Caruso, Montrezl Harrell dan Lou Williams, adalah deretan pemain yang masih mengenakan No. 6 musim lalu.

Russell, juara NBA 11 kali, meninggal 31 Juli pada usia 88 tahun. Selama 13 tahun karir bermainnya, semua dengan Celtics, Russell dinobatkan sebagai NBA MVP lima kali dan 11 kali seleksi All-NBA. Dia dinobatkan sebagai pemain-pelatih Celtics pada tahun 1966, menjadi pelatih kepala kulit hitam pertama dalam olahraga profesional Amerika, dan memimpin Boston meraih gelar berturut-turut pada tahun 1968 dan 1969.

Russell tetap berada di urutan kedua sepanjang masa dalam sejarah NBA dalam hal rebound (21.620) dan rebound per game (22.5). Dia juga merupakan rebounder terkemuka dalam sejarah pascamusim NBA dengan total 4.104 papan dan 24,9 rebound per game. Pemenang utama, Russell memimpin San Francisco ke gelar NCAA berturut-turut sebelum melompat ke NBA, dan memenangkan medali emas di Olimpiade 1956.

Russell juga dikenal karena karyanya dalam hak-hak sipil. Dia berbaris bersama Martin Luther King Jr., berdiri bersama Muhammad Ali dan menerima Presidential Medal of Freedom dari Barack Obama. Setelah nomornya pensiun di seluruh liga menempatkan Russell di klub eksklusif.

Artikel Tag: Bill Russell, Boston Celtics, Adam Silver, NBA

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/basket/adam-silver-nba-resmi-pensiunkan-jersey-nomor-6-milik-russell
1297  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini