Yip Pui Yin, Pemain Veteran Hong Kong Yang Sering Tampil di Kejuaraan Dunia

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 09 Jan 2022, 15:30 WIB
Yip Pui Yin, Pemain Veteran Hong Kong Yang Sering Tampil di Kejuaraan Dunia

Yip Pui Yin/[Foto: Badminton photo]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Bahkan saat ini, Yip Pui Yin, pebulu tangkis tunggal putri peringkat 62 dunia asal Hong Kong, pada usia 34 tahun dia masih menikmati dirinya sendiri dan bersenang-senang setiap kali dia memasuki lapangan, katanya kepada BWF di TotalEnergies BWF World Championships 2021 Desember lalu yang bermain bulu tangkis karena "hatinya" yang masih ingin bermain.

Apa yang membuat Yip Pui Yin terus berjalan?

“Yang penting adalah hati,” kata pemain berusia 34 tahun itu, di Kejuaraan Dunia TotalEnergies BWF 2021 pada Desember, 16 tahun setelah Kejuaraan Dunia pertamanya pada 2005.

“Saya masih memiliki hati untuk bulu tangkis, itu sebabnya saya terus berjalan. Itu membuat saya ingin melanjutkan. Karena jika saya berhenti, saya tidak akan memiliki kesempatan lagi untuk datang ke turnamen, atau tetap di lapangan. Itu sebabnya saya ingin melanjutkan sampai saya tidak bisa lagi," ungkapnya.

Dengan pengecualian Linda Zetchiri asal Bulgaria , Yip Pui Yin mungkin memiliki masa aktif terlama di antara pemain tunggal putri, setelah memulai debutnya pada tahun 2003.

“Kejuaraan Dunia pertama saya adalah di California pada tahun 2005,” kenang Yip.

 “Kali ini (Huelva) sangat berarti karena lockdown sekitar dua tahun dan saya sudah tua, jadi mungkin kali ini adalah yang terakhir bagiku. Banyak turnamen telah dibatalkan dan peringkat saya (No.62) rendah, jadi saya tidak bisa memainkan banyak turnamen tingkat tinggi.”

Kejuaraan Dunia adalah satu-satunya kompetisi yang dimainkan Yip Pui Yin pada tahun 2021. Musim penuh terakhirnya adalah 2019, ketika ia bermain sebanyak 20 turnamen.

Pemain andalan Hong Kong itu mengatakan pelatihannya telah berkurang, membantu umur panjangnya yang tidak biasa dalam kategori di mana sebagian besar pemain mengucapkan selamat tinggal di usia akhir dua puluhan.

Bahkan saat tidak berlatih sebagai pemain, dia terlibat dalam olahraga sebagai pelatih paruh waktu. Antusiasme terhadap bulu tangkis inilah yang membuatnya bertahan lebih lama daripada hampir semua rekan awalnya.

Asian Games adalah tempat Yip membuat dampak besar pertamanya, dan di Asian Games 2022, Ia berharap dapat membela negaranya, Hongkong.

Doha 2006 telah melihat remaja yang relatif kurang dikenal mengejutkan favorit Zhang Ning dengan gaya lompatannya yang cepat yang membawanya ke final.

Yip berharap untuk satu kesempatan terakhir di acara di mana dia membuat namanya.

“Saya tidak yakin apakah saya akan melanjutkan (lebih lama lagi), saya perlu melihat turnamen yang telah saya pilih. Saya ingin bermain sampai Asian Games, karena dari situlah dimulainya karir saya.”

Bahkan saat merenungkan akhir jalan, Yip tahu dia akan terus terlibat dengan bulu tangkis dalam karir pasca-bermainnya.

“Mungkin saya akan melakukan pembinaan. Sekarang saya melatih junior, paruh waktu. Kemudian saya dengan klub di Hong Kong, jadi saya akan melakukan sesuatu di sekitar pelatihan. Mungkin saya juga akan melakukan sesuatu yang bukan bulu tangkis.”

Untuk saat ini, antusiasmenya untuk bersaing mengalahkan semua adalah pertimbangan lainnya.

“Mungkin saya akan melanjutkan. Saya ingin main," tegasnya.

Artikel Tag: Yip Pui Yin, Hong Kong, BWF

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/yip-pui-yin-pemain-veteran-hong-kong-yang-sering-tampil-di-kejuaraan-dunia
414  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini