World Tour Finals 2023: Tim Negeri Jiran Akan Tetap Serius Meski Hanya Kirim 2 Wakil

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 11 Des 2023, 14:30 WIB
World Tour Finals 2023: Tim Negeri Jiran Akan Tetap Serius Meski Hanya Kirim 2 Wakil

Rexy Mainaky Bersama Aaron Chia-Wooi Yik/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Bulu tangkis Malaysia mengalami penurunan tajam dibandingkan dengan negara-negara besar lainnya jika World Tour Finals ingin digunakan sebagai indikasi pertumbuhan negara ini dalam olahraga ini selama enam tahun terakhir.

Tidak ada pebulutangkis Malaysia yang menang di final musim ini sejak World Tour Finals diperkenalkan pada tahun 2018. Final ini mempertemukan delapan pemain tunggal dan berpasangan terbaik dunia, berdasarkan penampilan konsisten mereka sepanjang tahun. Faktanya, Malaysia belum pernah tampil di lima final sejak 2018.

Hal yang lebih buruk terjadi di tunggal putri karena tidak ada pemain Malaysia yang lolos ke turnamen World Tour Finals selama enam tahun terakhir.

Ada beberapa yang lolos ke babak semifinal, yakni tunggal putra (Lee Zii Jia, 2021), ganda putra (Ong Yew Sin-Teo Ee Yi 2021), ganda campuran (Goh Soon Huat-Shevon Lai Jemie, 2020; Chan Peng Soon-Goh Liu Ying, 2021; Tan Kian Meng-Lai Pei Jing, 2022).

Ada lebih banyak pemain profesional di final dibandingkan dengan pemain Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM), yang semakin menggarisbawahi kurangnya talenta yang berasal dari tim nasional yang telah menghabiskan jutaan dolar untuk menghasilkan bintang-bintang baru.

Malaysia dulunya menghasilkan pemenang ketika World Tour Finals musim dikenal sebagai Super Series Finals dari tahun 2008 hingga 2017.

Juaranya adalah pemain tunggal putra Lee Chong Wei (2008, 2009, 2010, 2013); Koo Kien Keat-Tan Boon Heong (2008), Goh V Shem-Tan Wee Kiong (2016); Wong Mew Choo (2009); dan Chin Eei Hui-Wong Pei Tty (2008, 2009).

Bisakah mantan juara dunia Aaron Chia/Soh Wooi Yik atau Chen Tang Jie/Toh Ee Wei melawan tren tahun ini dengan Final yang menawarkan hadiah uang terbesar senilai total US$2,5 juta (RM11,7 juta) atau berkisar 37 miliar rupiah?

Kedua pasangan BAM sudah lolos namun mereka tahu tidak akan mudah untuk mencapai babak semifinal.

Mereka harus finis sebagai dua pasangan teratas di grup masing-masing untuk melaju ke babak sistem gugur.

Aaron/Wooi Yik bermain di edisi keempat mereka dalam enam tahun terakhir tetapi mereka tidak pernah melampaui babak penyisihan grup.

Dalam konferensi pers baru-baru ini, Aaron mengatakan: “Rekor masa lalu kami di turnamen ini tidak bagus tetapi semua pasangan yang lolos memiliki peluang yang sama untuk menang.”

Pengundian akan dilakukan hari ini tetapi Aaron/Wooi Yi harus menghasilkan permainan terbaik mereka untuk mendapatkan peluang menang melawan pasangan mana pun seperti Liang Weikeng-Wang Chang dari Tiongkok, Liu Yuchen-Ou Xuanyi; Fajar Alfian-Rian Ardianto dari Indonesia, Shohibul Fikri-Bagas Maulana; Takuro Hoki-Yugo Kobayashi dari Jepang; Juara dunia bertahan Korea Selatan Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae; dan Kim Astrup-Anders Skaarup Rasmussen dari Denmark.

Artikel Tag: BWF World Tour Finals 2023, hangzhou, Malaysia, Aaron Chia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/world-tour-finals-2023-tim-negeri-jiran-akan-tetap-serius-meski-hanya-kirim-2-wakil
622  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini