Virus Corona: BWF Bekukan Peringkat Dunia, Para Pemain Bulu Tangkis Lega

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 02 Apr 2020, 01:00 WIB
Virus Corona: BWF Bekukan Peringkat Dunia, Para Pemain Bulu Tangkis Lega

Hafiz Faisal-Gloria Emanuelle Widjaja/[Foto:PBSI]

Berita Badminton: Federasi Badminton Dunia (BWF) telah menepati janji mereka dengan membekukan peringkat dunia tanpa batas mulai kemarin (31/3), keputusan yang melegakan bagi para pemain bulu tangkis di seluruh dunia.

Semua daftar peringkat dunia telah ditangguhkan setelah pembaruan 17 Maret, setelah selesainya kejuaraan bergengsi All England 2020 World Tour Super 1000 pada 15 Maret lalu.

Pembekuan peringkat dunia diberlakukan untuk melindungi kepentingan para pemain menyusul penangguhan sirkuit internasional yang belum pernah terjadi sebelumnya dari 16 Maret hingga 30 April karena pandemi virus corona.

Dengan pandemi mematikan yang tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan dalam waktu dekat, BWF percaya bahwa skorsing itu sekarang dapat bertahan lebih lama.

"Saat ini, sulit untuk memprediksi kapan turnamen internasional berikutnya akan berlangsung dengan lebih banyak turnamen yang diperkirakan akan ditangguhkan pada Mei dan Juni," kata BWF dalam sebuah pernyataan kemarin.

"Pembekuan peringkat akan ditangguhkan hingga pekan ke-12, yang merupakan minggu setelah turnamen internasional terakhir yang dimainkan di All England Open 2020," tambahnya.

Peringkat dunia penting bagi para pemain karena menentukan kelayakan mereka untuk berpartisipasi dalam turnamen, serta posisi unggulan mereka. 32 pemain atau pasangan teratas akan dapat memperoleh akses ke turnamen papan atas Super 750 dan Super 1000.

"Daftar peringkat yang dikeluarkan pada 17 Maret akan berfungsi sebagai dasar untuk masuk ke turnamen internasional berikutnya meskipun sulit untuk mengatakan pada tahap ini kapan ini mungkin," jelas pernyataan itu lebih lanjut.

"BWF akan memberikan lebih banyak informasi pada waktunya mengenai proses bagaimana peringkat pada akhirnya akan 'dibekukan' setelah dimulainya sirkuit internasional," tegasnya.

Namun pembekuan peringkat dunia, tidak akan berdampak pada peringkat Race to Tokyo, yang menentukan daftar kualifikasi untuk Olimpiade Tokyo.

BWF mengatakan mereka akan mengumumkan nanti perubahan dalam sistem kualifikasi Olimpiade yang saat ini sedang ditinjau menyusul penundaan Olimpiade Tokyo hingga 23 Juli-8 Agustus tahun depan.

Pandemi virus corona telah melumpuhkan seluruh aktivitas olahraga di seluruh dunia, termasuk bulu tangkis, dan keadaan masih belum membaik pada saat ini dengan jumlah infeksi telah melebihi 900 ribu orang secara global ketika berita ini diturunkan.

Artikel Tag: BWF, Virus Corona, peringkat dunia

974  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini