Varun Kapur, Salah Satu Talenta Muda Asia Asal India

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 19 Jun 2021, 01:30 WIB
Varun Kapur, Salah Satu Talenta Muda Asia Asal India

Varun Kapur/[Foto:BadmintonAsia]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Varun Kapur adalah pemain muda India yang saat ini berada di posisi ke-2 di peringkat junior BWF untuk tunggal putra. Pada usia 18 tahun, ia memiliki 73 kemenangan dalam kategori tunggal putra dan telah memenangkan banyak gelar internasional junior, menjadikannya salah satu pemain junior terbaik Asia!

Varun Kapur mulai bermain bulu tangkis pada usia yang sangat muda. Dalam sebuah wawancara dengan Hindustan Times, dia berkata:

“Saya mulai bermain bulu tangkis di Kolkata ketika saya berusia enam tahun, tetapi itu hanya untuk bersenang-senang. Bahkan pelatih saya mengatakan bahwa saya bermain bagus, tetapi tidak ada infrastruktur di sana (Kolkata) untuk berkembang jadi saya memutuskan untuk pindah ke Pune. Saya pernah ke sini sebelumnya untuk perkemahan musim panas dan itu membuat saya memutuskan untuk pindah ke sini," kata Varun.

Itu bukan tantangan yang mudah baginya karena hidupnya berubah drastis. Namun, sejak saat itu, Varun Kapur bekerja sangat keras untuk mencapai posisinya saat ini. 2017 adalah tahun dimana ia mulai benar-benar berkompetisi di banyak turnamen junior internasional, mulai dari Yonex Italian Junior 2017 hingga Pembangunan Jaya Raya International Junior Grand Prix 2017 (U19).

Namun itu adalah tahun berikutnya pada tahun 2018 di mana ia dengan cepat bersinar dan mulai membuat nama untuk dirinya sendiri. Di CYPRUS Junior 2018, ia mencapai perempat final dan menjadi peraih medali perak di Mongolia Junior International Series 2018 saat ia dikalahkan oleh pemain Korea Han Kyeol Lee di final.

Namun dia akhirnya berdiri di puncak podium di Dubai Junior International Series 2018 ketika dia mengalahkan pemain Swedia Tom Söderström 21-7, 21-19 hanya dalam waktu 20 menit. Dia menemukan kesuksesan lagi di Slovakia Junior 2018 dan memenangkan emas melawan Luka Ban.

Namun kesuksesan tahun lalu hanyalah awal baginya. Pada 2019, Varun Kapur meraih 3 medali perak di Rusia, Portugal, dan Dubai. Dia kemudian memenangkan emas 3 kali di VALAMAR Junior Open 2019 (mengalahkan pemain Spanyol Tomas Toledano), LI-NING CYPRUS Junior 2019 (mengalahkan pemain Denmark Mads Juel Møller), dan RSL Lithuania Junior 2019 (mengalahkan pemain Slovakia Andrej Antoska).

Sebuah pencapaian yang luar biasa untuk pemain muda. Pada tahun 2020 ia melanjutkan dengan memenangkan perak di 10th Multi Alarm Hungarian International Junior Championships 2020 dan berkompetisi juga di Portugal International Junior 2020 dan Uganda International 2021. Kami sangat senang melihatnya terus meningkat di dunia bulu tangkis.

Artikel Tag: Varun Kapur, India, Badminton Asia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/varun-kapur-salah-satu-talenta-muda-asia-asal-india
624  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini