Ukraina Dinilai Sukses Gelar Kejuaraan Eropa 2021

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 04 Mei 2021, 14:00 WIB
Ukraina Dinilai Sukses Gelar Kejuaraan Eropa 2021

Kejuaraan Eropa 2021/[Foto:Badmintoneurope]

Berita Badminton : Kejuaraan Eropa 2021 akan berakhir kemarin dan Bulutangkis Eropa mengirimkan ucapan selamat dan terima kasih kepada Ukraina untuk acara yang pasti akan diingat lama.

Edisi ke-28 Kejuaraan Eropa ditakdirkan untuk menjadi turnamen khusus, dimainkan pada saat-saat unik dan di Ukraina untuk pertama kalinya.

Brian Agerbak, Sekretaris Jenderal Bulutangkis Eropa menyimpulkan pemikirannya tentang minggu ini.

"Ini sedikit rollercoaster. Kami memulai dengan beberapa kasus positif. Itu sulit tetapi kami berhasil mengatasinya dan memulai turnamen. Saya pikir organisasi di sini luar biasa dengan pengaturan yang indah. Dan tentu saja, saat kami sampai di hari terakhir, tiba-tiba, kami memiliki beberapa kasus lagi yang berarti kami kalah di dua final."

"Untuk tiga final yang kami lakukan pada hari Minggu, ada pertunjukan hebat bagi para penggemar yang menonton di rumah. Para pemain yang naik ke level tertinggi di podium menerima medali emas mereka dengan cara yang kreatif dalam jarak sosial. Drone yang membawa medali terbang ke arah para pemain untuk mereka ambil dengan bangga," ungkapnya.

"Final benar-benar luar biasa. Presentasinya sangat bagus. Saya sangat terkesan, dan saya senang kita memiliki yang ini di bank sekarang."

Tidak ada yang tak mungkin

Sepanjang tahap awal kejuaraan, para pemain mencatat 'gelembung' di lapangan. Ini disebabkan oleh ketidaksempurnaan lantai di bawahnya, tantangan umum saat meletakkan lantai kompetisi. Keputusan diambil untuk merobek lantai dan meletakkan lantai baru sebelum hari semifinal.

"Pertama-tama, saya tidak berpikir itu akan mungkin. Itu operasi besar. Di mana Anda menemukan lantai kayu pada Jumat malam dan apakah kami punya waktu untuk mengubahnya? Fakta bahwa Federasi Ukraina mampu melakukannya dengan sukses sungguh luar biasa. Selama dua hari terakhir, kami bermain di lantai yang fantastis dan saya sangat senang tentang itu," kata Brian Agerbak.

Tak Terlupakan

Sekjen juga berbicara tentang bagaimana meski ada gundukan di jalan, namun perjalanannya tetap menjadi imajinasi dunia bulutangkis.

"Kejuaraan Eropa ini tidak akan pernah saya lupakan. Itu akan menonjol di tahun-tahun mendatang. Kami masih dalam tahun korona, ada banyak batasan dan tentu saja, dengan semua pasang surut, tes positif, tetapi kami melihat Juara Eropa dinobatkan di Kyiv."

Kejuaraan Eropa 2021 adalah tontonan kelas dunia.

"Penyajiannya luar biasa, mungkin yang terbaik yang pernah saya lihat. Bahkan mempertimbangkan Olimpiade atau Kejuaraan Dunia, saya rasa kami tidak melihat yang lebih baik, jadi saya sangat terkesan dengan acara tersebut dan berterima kasih kepada Federasi Ukraina karena telah mengadakan pertunjukan untuk seluruh komunitas bulu tangkis Eropa."

Kasus positif

Kejuaraan Eropa 2021 memiliki peraturan ketat saat memasuki 'gelembung hijau'. Menyusul kasus positif awal dalam tim Denmark, kompetisi mengikuti protokol yang sangat ketat sepanjang minggu dan meningkatkan jumlah tes selama seminggu untuk memastikan bahwa kami dapat menjaga keamanan gelembung. Namun, dua kasus lagi muncul selama hari semifinal.

"Itu tidak bisa dijelaskan, saya tidak punya alasan untuk itu. Tentu saja, saya berasumsi bahwa semua orang mengikuti protokol. Tidak ada pelanggaran protokol yang terdaftar, jadi ini adalah misteri. Saya tidak yakin kita akan tahu. Saya merasa untuk orang-orang yang terkena dampak, tetapi ini terjadi di tahun pandemi, kami tidak dapat sepenuhnya memastikan bahwa hal-hal ini tidak terjadi. Kami menanganinya dengan cara terbaik yang kami bisa, dan sekarang kejuaraan sudah berakhir," katanya.

Lebih dari 1200 tes telah dilakukan sepanjang minggu. Perasaan keseluruhan adalah bahwa dengan banyaknya atlet dan staf yang terlibat dalam mewujudkan acara tersebut, kami memiliki beberapa kasus.

"Datang ke sini, saya memang mengharapkan beberapa kasus di turnamen seperti ini di tengah pandemi. Kami berharap melewati yang terburuk, dan itu adalah kejutan besar bahwa beberapa bintang terbesar kami terkena virus corona."

Setimpal

Mampu menyelenggarakan acara sebesar itu selama waktu-waktu ini bukanlah prestasi yang berarti. Menjawab pertanyaan jika semuanya sepadan, Brian Agerbak menjawab.

"Saya pikir begitu. Sangat penting bagi olahraga kami untuk menunjukkan bahwa kami hidup dan bersemangat dan bahwa kami masih dapat menyelenggarakan acara besar seperti minggu ini di Kyiv. Jadi, bagi saya, semuanya sepadan. Namun, saya memiliki banyak empati dan simpati untuk para atlet dan rombongan yang terkena virus minggu ini."

Pertunjukan berlanjut dan Ukraina dikirim

"Saya akan mengingat presentasinya. Saya merinding ketika layar naik dan melihat para pemain berbaris masuk. Saya juga akan ingat bagaimana kami menangani tantangan virus corona, semua protokol dan batasan. Secara keseluruhan, minggu yang fantastis di Kyiv dan saya sangat senang," Brian Agerbak menyimpulkan.

Artikel Tag: Ukraina, Kejuaraan Eropa 2021

433  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini