Tuan Rumah China Diprediksi Akan Kembali Dominasi Piala Uber

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 21 Apr 2024, 10:15 WIB
Tuan Rumah China Diprediksi Akan Kembali Dominasi Piala Uber

Chen Qingchen-Jia Yifan/[Foto: Sinasports]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Jika ada rekor yang bisa dicapai, tuan rumah China sepertinya akan bisa menambah 15 Piala Uber mereka di Chengdu dalam dua minggu.

China tidak hanya memiliki keunggulan sebagai tuan rumah dan skuad terkuat di atas kertas, sejarah juga berpihak pada mereka.

Tahun ini akan menjadi keempat kalinya China menjadi tuan rumah Kejuaraan Beregu Putri Dunia mereka memenangkan tiga edisi sebelumnya, semuanya melawan Korea.

Guangzhou 2002

Meskipun datang ke turnamen sebagai juara bertahan dua kali, tekanan tetap ada karena ini adalah debut Tiongkok sebagai tuan rumah. Hal ini tidak banyak berpengaruh pada pasukan Li Yongbo, mereka melaju ke final ke-10 dengan dua kemenangan 5-0 dan kemenangan 4-1 di grup sebelum mengalahkan Hong Kong Cina 3-0 di semifinal untuk memperebutkan gelar dengan Korea.

Di akhir kontes, lagu kebangsaan Tiongkok kembali diputar di Stadion Tianhe saat negara tuan rumah muncul sebagai pemenang untuk kedelapan kalinya, menang 3-1.

Wuhan 2012

Sepuluh tahun kemudian, balas dendam akan segera terjadi karena Korea telah mengganggu enam edisi kemenangan pada tahun 2010 di Kuala Lumpur.

Wang Yi Han, yang kekalahan di pertandingan pembuka dari Bae Seung Hee dua tahun sebelumnya di Malaysia memberikan dorongan bagi Korea, menebus dirinya dengan kemenangan 14-21, 22-20 dan 21-13 atas Sung Ji Hyun.

Wang kemudian berkomentar: “Sekarang saya dapat dengan bangga mengatakan bahwa saya sudah melupakannya.”

Pasangan papan atas putri Yu Yang/Wang Xiaoli dan Wang Xin kemudian menyelesaikan tugas tersebut dengan kemenangan straight game masing-masing atas Kim Min Jung/Ha Jung Eun dan Bae Youn Joo.

Pemain Tiongkok merayakan di lapangan setelah pertandingan terakhir.

Kunshan 2016

Setelah mempertahankan gelarnya di New Delhi India, juara 13 kali itu menyambut kompetisi ini kembali ke negaranya dengan mengincar hattrick. Mereka melakukan hal itu, dan dalam prosesnya mempromosikan anak muda berbakat Chen Qing Chen.

Chen tampil bersama Tang Jin Hua yang berpengalaman di pertandingan kedua Grup A melawan Spanyol dan tampil lagi bersama Tang Yuan Ting dalam kemenangan 5-0 atas Denmark.

Di final, Chen dan Tang Yuan Ting sepatutnya turun tangan untuk mengantarkan poin kemenangan atas Chang Ye Na / Lee So Hee dengan hasil 21-14 dan 21-16.

Sebelumnya, juara Olimpiade London 2012 Li Xuerui sempat membawa China unggul 1-0 melalui takedown Sung namun Jung Kyung Eun dan Shin Seung Chan bangkit untuk mengalahkan Tian Qing / Zhao Yunlei.

Peraih medali emas Asian Games Wang Shixian melewati Kim Hyo Min dan menyerahkan panggung kepada Chen dan Tang.

Artikel Tag: China, Chen Qingchen, Jia Yifan, Piala Uber 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/tuan-rumah-china-diprediksi-akan-kembali-dominasi-piala-uber
995  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini