Tim Nasional China Comeback di Malaysia Open 2021

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 07 Mar 2021, 03:00 WIB
Tim Nasional China Comeback di Malaysia Open 2021

Tim Nasional China/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Bintang bulu tangkis China akan kembali ke arena internasional yang telah lama ditunggu-tunggu pada bulan Mei dengan Malaysia Open menjadi tujuan pertama yang memungkinkan.

Para pemain top dunia seperti juara bertahan Olimpiade, Chen Long dan Shi Yuqi (tunggal putra), Chen Yufei (tunggal putri), Zheng Siwei/Huang Yaqiong (ganda campuran), terakhir kali berkompetisi di kejuaraan bergengsi All England pada Maret tahun lalu.

Mereka tidak melakukan perjalanan ke Bangkok untuk BWF World Tour Asia berturut-turut pada Januari setelah dilarang meninggalkan negara itu oleh pemerintah mereka.

Untuk pembukaan musim yang sedang berlangsung di Swiss Open dan All England bulan ini, Asosiasi Bulu Tangkis Tiongkok (CBA) tidak mengirimkan entri apa pun. Tapi fans berharap bisa menangkap pemain favorit mereka tidak lama lagi dari sekarang.

Presiden CBA, Zhang Jun mengungkapkan bahwa mereka berencana untuk mengikuti tiga turnamen yakni Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (27 April-2 Mei), Malaysia Open (25-30 Mei) dan Singapore Open (1-6 Juni).

Namun, untuk saat ini belum bisa dipastikan apakah event andalan Asia itu akan digelar sesuai jadwal mengingat venue bahkan belum final. Itu seharusnya terjadi di China tetapi negara itu belum membuka kembali perbatasannya.

Jika Kejuaraan Asia ditunda atau dibatalkan, Malaysia Open akan menjadi pilihan berikutnya untuk tim China.

"Rencana kami saat ini adalah untuk berpartisipasi di turnamen Malaysia Open, Singapore Open dan Kejuaraan Asia pada bulan Mei," kata Zhang Jun kepada media China setelah mengungkapkan penunjukan Yonex sebagai sponsor resmi untuk tim bulutangkis nasional China di Shanghai pada hari Rabu.

“Sebelum itu akan ada babak penyisihan National Games pada awal April. Semua pemain akan kembali ke tim provinsi masing-masing untuk bertanding. Kami sangat ingin mengetahui kondisi terkini dari kinerja para pemain kami,” ungkap Zhang Jun.

Non-partisipasi pebulutangkis di beberapa kualifikasi Olimpiade pertama termasuk India Open 11-16 Mei) hampir tidak akan berdampak pada peluang mereka. Kecuali ganda putra, China hampir dijamin dengan dua kuota maksimum di empat sektor lainnya.

Meski dibatasi hanya dengan latihan selama periode pandemi, Zhang Jun menegaskan bahwa persiapan tim untuk Olimpiade Tokyo tetap di jalur yang benar. CBA mengarahkan perhatian mereka untuk mengulangi sapuan bersih dari semua lima medali emas yang sebelumnya diraih di Olimpiade London 2012.

Sementara itu, Yonex telah kembali menjadi sponsor tim Nasional setelah selang waktu 12 tahun. Raksasa peralatan bulu tangkis Jepang menggantikan Li-Ning yang telah menjadi mitra peralatan CBA sebelumnya sejak 2009.

Artikel Tag: China, Zhang Jun, malaysia open, Olimpiade Tokyo 2021

3180  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini