Tian Bingyi, Mantan Partner Li Yongbo Akan Menjabat Kepala Tim Nasional China

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 11 Mei 2020, 15:30 WIB
Tian Bingyi, Mantan Partner Li Yongbo Akan Menjabat Kepala Tim Nasional China

Tian Bingyi/[Foto:SinaSports]

Berita Badminton: Tian Bingyi, mantan pelatih kepala ganda putri tim bulu tangkis nasional China, baru-baru ini mengungkapkan bahwa ia akan menjabat sebagai kepala pelatih tim nasional China. Ini adalah kepulangannya setelah meninggalkan pelatih kepala ganda putri pada tahun 2017 lalu .

Tahun lalu, Zhang Jun, ketua Federasi Badminton China, berjanji akan menyesuaikan struktur kepelatihan tim nasional.

Tidak hanya mempekerjakan pelatih asal Korea Selatan, Jiang Jingzhen dan Liu Yongcheng yang belum pernah terjadi sebelumnya, dia juga memanggil pelatih legendaris, Li Mao.

Baru-baru ini, tim junior nasional China berkumpul di Lingshui, Hainan, dan Tian Bingyi muncul sebagai kepala tim pelatihan, berdasarkan warta yang dilansir dari Sports Sina. Dalam pos barunya, pelatih senior yang banyak berjasa ini akan terus berkontribusi pada pengembangan bulu tangkis China.

Tian Bingyi, lahir pada tahun 1963, berusia 57 tahun saat ini. Sebagai seorang atlet, ia dan Li Yongbo telah memenangkan medali emas ganda putra di Kejuaraan Dunia 1987 dan 1989. Dia juga merupakan anggota utama tim China yang memenangkan tiga Kejuaraan Beregu paling penting di Piala Thomas pada tahun 1986, 1988 dan 1990.

Dia pensiun setelah memenangkan medali perunggu ganda putra di Olimpiade Barcelona 1992.

Setelah pensiun, Tian Bingyi bertugas sebagai pelatih di tim nasional China dan bertanggung jawab atas proyek ganda putri. Selama periode ini, ia melatih sejumlah juara dunia seperti Ge Fei/Gu Jun dan Du Jing/Yu Yang.

Sejak pengangkatannya sebagai wakil kepala pelatih tim nasional China pada tahun 1997 hingga Olimpiade Rio 2016, ganda putri China tidak membiarkan juara dunia jatuh ke negara lain, dan diakui sebagai masa keemasan ganda putri China oleh dunia bulu tangkis .

Artikel Tag: Tian Bingyi, Li Yongbo, Zhang Jun, badminton china

8335  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini