Thomas Lund Senang Dengan Perkembangan Positif Jelang Thailand Open

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 09 Jan 2021, 04:00 WIB
Thomas Lund Senang Dengan Perkembangan Jelang Thailand Open

Thomas Lund/[Foto:NST]

Berita Badminton : Sekretaris Jenderal BWF, Thomas Lund, dalam pidatonya kepada para penggemar dan media, menjawab serangkaian pertanyaan tentang berbagai topik sehubungan dengan pementasan tiga turnamen Tour Asia di HSBC BWF World Tour di Bangkok, Thailand yang akan dimulai minggu depan dengan YONEX Thailand Open .

Ada banyak hal positif dan tantangan yang diungkapkan oleh tim dan pemain dalam hal persiapan Tour Asia di Bangkok. Dapatkah Anda membagikan beberapa umpan balik yang telah Anda dengar?

"Ada banyak umpan balik positif dari para pemain yang telah tiba di Bangkok bahwa kami mulai bermain bulu tangkis lagi. Ada banyak persiapan dari banyak pemangku kepentingan untuk mewujudkannya dan saya senang melihat sentimen positif. Ini adalah lingkungan yang berbeda tempat kami berada dan kami telah melakukan semua yang kami bisa untuk mengakomodasi para pemain dan kebutuhan mereka, sambil menjaga persyaratan keselamatan tetap tinggi. Ini akan menjadi pengalaman positif saat kami menuju Tour Asia," kata Thomas Lund mengawali.

Pada Rabu (6 Januari 2021), dipastikan bahwa semua 824 peserta dalam gelembung karantina, termasuk 216 pemain, dinyatakan negatif saat tiba di Bangkok.

Apakah itu indikasi kuat bahwa perencanaan dan protokol yang ekstensif telah berhasil?

"Ini sangat positif bagi kami. Setiap orang diinstruksikan sebelum keberangkatan untuk rajin dan menjalani semua prosedur pengujian yang diperlukan. Kami memiliki gelembung bulu tangkis yang bebas COVID-19 dan penting bagi semua orang untuk terus mematuhi protokol agar kami dapat menggelar tiga turnamen bulu tangkis kelas dunia," Ungkap Thomas Lund.

Tolong jelaskan kerja fantastis Asosiasi Bulu Tangkis Thailand (BAT), Pemerintah Kerajaan Thailand dan Departemen Pengendalian Penyakit untuk memungkinkan Tour Asia dan memastikan ketiga turnamen diselenggarakan dengan aman. "Persiapannya unik dan tidak seperti yang pernah kami lakukan sebelumnya. Saya ingin berterima kasih kepada Asosiasi Bulu Tangkis Thailand, Pemerintah Kerajaan Thailand, dan Departemen Pengendalian Penyakit atas semua kerja keras mereka dalam mewujudkan hal ini. Kami bekerja melalui banyak dilema dan skenario selama beberapa bulan terakhir. Saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada para pemangku kepentingan dan semua mitra yang terlibat," imbuh Thomas Lund.

Apakah meningkatnya jumlah kasus di Bangkok menjadi perhatian?

"Hal-hal tampaknya berubah setiap minggu dan itu selalu menjadi perhatian ketika hal-hal berkembang secara negatif. Kami memiliki kepercayaan penuh kepada Pemerintah Thailand bahwa mereka memiliki kendali penuh atas situasi tersebut. Protokol keamanan sudah diterapkan dan tidak ada kekhawatiran besar bagi para pemain. Kami perlu memantau situasi, tetapi yakin akan turnamen yang hebat."

Apa yang terjadi jika seorang pemain dinyatakan positif COVID-19 selama Tour Asia?

"Jika kasus positif ditemukan, pemain akan diisolasi dan pelacakan kontrak akan dilakukan. Setiap pemain yang telah melakukan kontak juga perlu diisolasi. Seperti dalam olahraga lain, ini adalah sesuatu yang kita semua terbiasa. Kami yakin kami akan dapat menjaga pemain dan menjaga keamanan para pemain lainnya selama waktu-waktu khusus ini.

China dan Jepang mundur dari Tour Asia, apa ekspektasi Anda untuk tingkat persaingan yang akan kita lihat sepanjang bulan?

"Kami akan memiliki turnamen yang hebat meskipun sayangnya China dan Jepang harus mundur, serta pasangan ganda putra top dunia dari Indonesia. Kami ingin memiliki semua pemain, kita akan merindukan mereka yang menarik diri. Tapi kami memiliki pemain yang hebat dan level yang sangat tinggi di Bangkok."

Apakah Anda melihat Tour Asia menetapkan standar atau menjadi cetak biru untuk diikuti oleh tuan rumah turnamen lainnya sepanjang tahun?

"Ada banyak pembelajaran yang bisa kita gunakan dari turnamen ini. Setiap negara, bagaimanapun, berbeda. Akan ada standar minimum yang berbeda dan otoritas kesehatan yang berbeda akan memiliki persyaratan yang berbeda untuk diikuti. Kami akan mengambil dari ini semua pembelajaran yang mungkin untuk klaster turnamen kami berikutnya sehingga pengaturan dapat mengatasi dampak COVID-19.

Selesainya HSBC BWF World Tour Finals menutup musim 2020, apa yang diharapkan fans bulutangkis di tahun 2021?

"Kami baru saja merilis kalender turnamen untuk paruh pertama 2021. Kami berencana untuk menyatukan turnamen dengan cara yang berbeda. Ada cluster yang direncanakan di Indonesia dan kami berharap dapat lebih mudah diakses oleh para pemain agar dapat lebih mudah melakukan perjalanan ke turnamen semacam itu. Kami telah belajar banyak dalam enam bulan terakhir tentang kompetisi pementasan. Kami berharap COVID-19 menghilang saat vaksin masuk," pungkas Thomas Lund.

Artikel Tag: Thomas Lund, thailand, Tour Asia

572  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini