Ternyata Ada Sosok Pelatih Asal Indonesia Dibalik Sukses Chou Tien Chen

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 12 Agu 2022, 13:30 WIB
Ternyata Ada Sosok Pelatih Asal Indonesia Dibalik Sukses Chou Tien Chen

Chou Tien Chen-Victo Wibowo/[Foto:Suara]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Chou Tien Chen adalah pemain bulu tangkis asal Taiwan. Ia lahir pada 8 Januari 1990. Ia memulai karir profesionalnya sebagai atlet bulu tangkis pada tahun 2008 dan saat ini menjadi salah satu pemain senior di nomor tunggal putra.

Menariknya, tidak banyak yang tahu bahwa di balik kesuksesan kariernya, ada pelatih asal Indonesia yang membantu kemajuannya di dunia bulu tangkis. Pelatihnya bernama Victo Wibowo.

Victo Wibowo berperan besar dalam membantu memajukan karir Chou di bulu tangkis. Di awal karirnya, ia mengikuti kejuaraan bergengsi ASEAN Junior Championships. Chou Tien Chen berhasil meraih medali perunggu. Kemudian, karir Chou Tien Chen mulai menanjak. Dia telah memenangkan sejumlah turnamen bergengsi sepanjang karirnya. Salah satunya kembali pada tahun 2012 kala Ia berhasil menjadi juara di Canadian Open saat itu.

Chou saat ini berada di peringkat 4 dunia, mengalahkan peringkat 38 dunia Kodai Naraoka dari Jepang 14-21, 21-10, 21-6 dalam pertandingan sengit selama 61 menit di final Yonex Taipei Open 2022. Ini adalah gelar Taipei Open keempat Chou Gelar setelah juara pada 2016, 2017, dan 2019 yang juga merupakan pencapaian terbaik Chou tahun ini sejak menjadi juara kedua di Indonesia Masters Juni lalu.

Kemenangannya di Taipei Open 2016 menjadi sejarah karena ia adalah pemain lokal pertama yang memenangkan gelar dalam 17 tahun sejak Fung Permadi, pemain Tionghoa Taipei kelahiran Indonesia, memenangkan gelar pada tahun 1999.

Apalagi Chou Tien Chen sempat viral usai membuat heboh Indonesia Masters 2022 yang digelar di Istora Senayan. Chou mendapat dukungan luar biasa dari pecinta bulu tangkis di Indonesia. Setiap kali dia menyerang, penonton di lapangan akan selalu meneriakkan "EA EA EA" dan memanggil namanya. Chou pun senang mendapat dukungan dari penonton di Indonesia.

Kembali pada tahun 2021, Chou Tien Chen membuka suaranya tentang peluangnya untuk mencapai prestasi di Kejuaraan Dunia Badminton BWF 2021. Target realistis yang ingin dicapai Chou Tien Chen setidaknya melangkah ke babak perempat final kejuaraan dunia bulu tangkis tahun ini.

Saat dia menyatakan, "Saya ingin melampaui perempat final," lanjutnya dengan mengatakan, "Itu adalah rencana Tuhan, saya akan terus mempertahankan latihan kebugaran saya,"

Artikel Tag: Chou Tien Chen, Victo Wibowo, Taiwan

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/ternyata-ada-sosok-pelatih-asal-indonesia-dibalik-sukses-chou-tien-chen
1490  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini