Terhenti di All England, Shi Yuqi Gagal Samai Rekor Legenda China Lin Dan

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 20 Mar 2024, 19:00 WIB
Terhenti di All England, Shi Yuqi Gagal Samai Rekor Lin Dan

Shi Yuqi/[Foto:AFP]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Shi Yuqi harus mengambil keputusan untuk berhenti bermain karena ketidaknyamanan fisik di perempat final All England Open. Ini adalah situasi yang tidak berdaya baginya, dan itu juga berarti dia kehilangan kesempatan bagus untuk mengejar rekor koleganya, Lin Dan.

Dalam empat bulan terakhir, Shi Yuqi telah mencapai final empat turnamen internasional berturut-turut. Pencapaian tersebut hanya tinggal dua langkah lagi dari rekor mencengangkan yang diukir oleh Lin Dan 20 tahun lalu.

Sejak pertengahan Maret tahun lalu, Shi Yuqi telah mendapatkan kembali kondisi baiknya yang telah lama hilang. Ia menjadi runner-up di BWF Tour Finals tahun lalu dan Malaysia Open 2024, lalu menjadi juara di kejuaraan India Open dan French Open tahun ini.

Di Kejuaraan All England pekan lalu, Shi Yuqi tampil mantap menyisihkan dua pemain kuat untuk memasuki babak ketiga, dan menjadi satu-satunya pemain China yang lolos ke perempat final.

All England pernah menjadi tempat terbaik Shi Yuqi. Ia masing-masing meraih runner-up dan juara tunggal putra pada tahun 2017 dan 2018. Beberapa tahun kemudian, Yuqi telah mencapai puncak baru dalam karirnya. Banyak penggemar yang mengharapkan dia berlaga dengan performa terbaik di All England 2024.

Mantan pemain nasional Sun Jun saat ini menjadi pelatih Yuqi. Dia memenangkan kejuaraan tunggal putra All England pada tahun 1998. Jika Yuqi berhasil tertawa sampai akhir akan menampilkan pertunjukan hebat untuk memenangkan Kejuaraan All England. Bahkan jika Yuqi bisa mencapai final, dia akan sekali lagi menciptakan kembali keajaiban yang diciptakan Lin Dan 20 tahun lalu.

Dari musim gugur tahun 2003 hingga musim semi tahun 2004, Lin Dan memasuki final di lima turnamen Open termasuk Denmark Open dan memenangkan rekor menakjubkan dengan 4 medali emas dan 1 perak.

Lin Dan dikenal sebagai "Super Dan". Gelar ini berasal dari gelar Superdan yang diberikan kepadanya oleh situs resmi Swiss Open setelah ia menciptakan keajaiban tersebut. Sejak itu, banyak pemain tunggal putra papan atas Tanah Air, termasuk Lin Dan, gagal mencapai prestasi mencapai lima final berturut-turut di kompetisi internasional.

Maklum, saat berlaga di kompetisi Eropa, Shi Yuqi terserang flu dan kondisinya menurun hingga akhirnya harus tersingkir di babak perempat final All England. Keputusan tersebut membuat dia kehilangan kesempatan untuk mengejar rekor Lin Dan, serta beberapa kerusakan pada peringkat dunia minggu depan.

Namun, dalam jangka panjang, pilihan ini bijaksana. Meski agak disesalkan untuk mengakhiri tur Eropa ini, namun melihat performa permainannya baru-baru ini, Shi Yuqi telah meningkat dalam hal kontrol, kualitas psikologis, dan kemampuan mencetak gol di saat-saat kritis. Hal ini disebabkan oleh pelatihan baru-baru ini. Kombinasi organik dengan permainan menunjukkan pemahamannya yang semakin meningkat mengenai kerja sama dengan tim pelatih.

Artikel Tag: Shi Yuqi, lin dan, All England 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/terhenti-di-all-england-shi-yuqi-gagal-samai-rekor-legenda-china-lin-dan
875  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini