Tan Boon Heong Setuju Pembatasan Pemain Tim Nasional Minimal 16 Tahun

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 19 Des 2023, 18:45 WIB
Tan Boon Heong Setuju Pembatasan Pemain Tim Nasional Minimal 16 Tahun

Tan Boon Heong/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Mantan pemain bulu tangkis Tan Boon Heong yakin akademi bulu tangkis di Tanah Air harus memainkan peran yang lebih besar dalam membina talenta-talenta muda karena hanya pemain berusia 16 tahun ke atas yang akan diikutsertakan dalam program nasional mulai tahun depan.

Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) baru-baru ini membuat keputusan untuk memberikan pemain muda lebih banyak waktu untuk tinggal bersama keluarga mereka dan berkembang di negara bagian dan akademi masing-masing.

Tan Boon Heong sendiri berupaya memainkan perannya dalam mencari dan mengembangkan pemain-pemain muda pemula melalui akademinya (TBH Badminton Academy).

“Aturan baru BAM ini merupakan langkah yang baik karena para pemain yang berusia 16 tahun ke atas akan semakin matang dan siap mengikuti program nasional,” kata Boon Heong di final TBH Badminton Academy Championship di Kepong kemarin.

“Saya bergabung dengan BAM ketika saya berusia 15 tahun, sementara banyak orang lain yang berusia 13 tahun ketika bergabung dan terkadang mereka merasa ini masih terlalu dini.”

“Jadi, sekarang lebih banyak anak muda yang berlatih di akademi negeri. Usia 14 hingga 16 tahun adalah fase yang sangat penting dalam perkembangan seorang pemain. Jadi, akademi berperan besar dalam membentuk karier seorang pemain. Saya berharap dapat mencari lebih banyak talenta dan membantu mengembangkan pemain di akademi saya,” tambah Boon Heong.

Tan Boon Heong telah membuka akademinya di Kepong pada tahun 2016 sebelum mendirikan cabang di Puchong, Petaling Jaya, Subang Jaya, Semenyih dan Kota Damansara.

“Ada sekitar 400 anak muda yang saat ini berlatih dengan lebih dari 10 pelatih di akademi saya,” kata Boon Heong.

“Ini (TBH Badminton Academy Championship) adalah turnamen pertama yang saya selenggarakan di akademi saya dan responnya bagus. Ada sekitar 650 peserta dan saya berharap bisa mengadakan lebih banyak turnamen tahun depan.”

“Saat saya masih muda, saya tidak pernah mendapat kesempatan untuk berkompetisi di turnamen seperti ini, jadi saya ingin memberikan platform kepada para pemain muda untuk menunjukkan bakat mereka. Harapan saya adalah mereka bisa tumbuh menjadi juara di masa depan,” juara Asian Games Doha 2006 itu menyimpulkan.

Artikel Tag: Tan Boon Heong, bam

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/tan-boon-heong-setuju-pembatasan-pemain-tim-nasional-minimal-16-tahun
609  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini