Soong Joo Ven Menyesali Turunnya Peringkat BWF

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 17 Nov 2020, 22:30 WIB
Soong Joo Ven Sesali Turunnya Peringkat Dunia BWF

Soong Joo Ven/[Foto:NST]

Berita Badminton : Pebulutangkis profesional tunggal putra Malaysia, Soong Joo Ven ingin menebus kesalahan masa lalunya dengan lolos ke BWF World Tour Asia di Bangkok, Thailand pada Januari mendatang.

Menurut pemain berusia 25 tahun itu, dia akan mendapat peringkat lebih tinggi jika tidak melewatkan beberapa turnamen setelah dikeluarkan dari skuad nasional awal tahun ini.

Sekarang berada di peringkat 67 dunia, Soong Joo Ven berdoa dengan sungguh-sungguh agar bisa lolos di event World Tour Asia Super 1000 yakni Yonex Thailand Open dan Toyota Thailand Open (pada 12-17 Januari dan 19-24 Januari).

"Saya pasti akan memasukkan nama saya untuk kedua turnamen tetapi apakah saya bisa lolos atau tidak, saya tidak tahu," kata Joo Ven.

"Saya menyalahkan diri sendiri karena peringkatnya sangat rendah. Saya tidak pernah menyangka akan dikeluarkan (oleh BAM) awal tahun ini, jadi saya melewatkan beberapa turnamen termasuk German Open karena saya tidak yakin apakah sponsor saya akan membayar perjalanan saya."

"Saya kehilangan banyak poin peringkat karena saya perempat finalis tahun lalu. Saya harus mengejar sekarang, jadi saya sangat berharap bisa lolos ke Tour Asia pada Januari," tambah Joo Ven kepada Timesport kemarin.

Pemain kelahiran Kuala Lumpur itu mengaku tidak ada gunanya menangisi susu yang tumpah, dan lebih memilih memfokuskan energinya untuk bergerak maju, bukan hanya untuk dirinya sendiri tapi untuk sponsornya, Apacs.

Soong Joo Ven dan pebulutangkis profesional Malaysia lainnya, Liew Daren, yang berlatih dengan Akademi Bulutangkis Kementerian Olahraga, juga harus merencanakan periode karantina sendiri untuk menghasilkan "hasil negatif Covid-19 72 jam" setelah tiba di Bangkok pada 4 Januari, untuk memenuhi syarat.

"Sponsor saya sangat percaya pada saya, saya tidak ingin mengecewakan mereka. Saya telah berlatih keras dan akan segera mengirimkan nama saya ke BAM," katanya.

“Ya, Daren dan saya harus berdiskusi dengan Kementerian Olahraga dan pelatih kami untuk mendapatkan rencana terbaik untuk persiapan kami, karena tidak seperti pemain nasional yang berbasis di ABM (Akademi Bulu Tangkis Malaysia), kami harus menyelesaikan semuanya di milik kita sendiri," jelas Joo Ven, yang turnamen Open terakhirnya adalah Thailand Masters pada Januari tahun ini.

Sebelumnya, Timesport mengabarkan bahwa BAM juga akan mencoba peruntungan dengan mendaftarkan beberapa pemain lapis kedua untuk turnamen Tour Asia di Bangkok, yang akan menandai seri pertama turnamen internasional yang akan diadakan di lingkungan gelembung yang aman.

World Tour Finals akhir musim 2020 akan diadakan setelah Thailand Open selesai, pada 27-31 Januari 2021.

Artikel Tag: Soong Joo Ven, Malaysia, Tour Asia

708  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini