Si kembar Amerika Bersaing Dengan Kanada Dalam Perebutan Kursi Olimpiade

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 05 Apr 2024, 15:00 WIB
Si kembar Amerika Bersaing Dengan Kanada Dalam Perebutan Kursi Olimpiade

Annie Xu-Kerry Xu/[Foto:BWF]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Saat jendela kualifikasi Olimpiade Paris memasuki bulan terakhir, setidaknya ada satu perlombaan yang akan berakhir dengan foto. Kontes ini akan mempertemukan Annie Xu / Kerry Xu dari Amerika Serikat dan Catherine Choi/Josephine Wu dari Kanada, keduanya memperebutkan tempat ganda putri wakil Pan Am.

Si kembar Xu saat ini unggul dalam Race to Paris namun baru saja berperingkat No.32, mereka memimpin sesama pesaing Pan Am dengan selisih tipis 172 poin. Tempatnya kemungkinan besar akan ditentukan pada Kejuaraan Perorangan YONEX Pan Am 2024 di Guatemala minggu depan, di mana pasangan Kanada menjadi unggulan teratas dan pasangan AS di urutan kedua.

Mengingat seberapa baik kinerja kakak beradik Xu sejauh ini, sungguh luar biasa betapa rendah hati mereka. Perjalanan keluarga Xu seperti semua atlet yang dibiayai sendiri, merupakan urusan yang mahal, dengan si kembar telah memainkan 23 pertandingan tahun lalu dan 10 pertandingan sepanjang tahun ini yang didukung oleh keluarga dan teman.

“Kami berdua bekerja selama satu tahun di bidang akuntansi perusahaan, jadi kami dapat menghemat sejumlah dana,” kata Annie Xu.

“Selain itu sponsor sulit ditemukan di Amerika, dan Anda harus memiliki koneksi yang tepat. Mayoritas kompetisi kami didanai oleh tabungan kami atau bantuan orang tua, teman, dan keluarga kami. Kami telah menyiapkan GoFundMe, dan kami mendapatkan sejumlah dana melalui itu. Umumnya, tabungan kami tidak cukup, jadi orang tua kamilah yang mendukung kami.”

Selama periode kualifikasi Olimpiade mereka berada di final empat acara Tantangan/Seri Internasional, memenangkan Peru Challenge 2023, dan membantu Amerika mencapai final Piala M&F Bulu Tangkis Pan Am.

Dengan 40.827 poin, mereka adalah pasangan Pan Am dengan peringkat tertinggi, mengungguli pasangan Kanada Choi/Wu (No.34) dan pasangan Amerika Francesca Corbett/Allison Lee (No.38) dan Paula Lynn Cao Hok/Lauren Lam (No. 40).

Meskipun relatif baru di World Tour, mereka meraih kesuksesan yang wajar tahun ini, mengalahkan pasangan seperti Margot Lambert/Anne Tran di PETRONAS Malaysia Open 2024 dan Treesa Jolly/Gayatri Gopichand Pullela di YONEX Spain Masters 2024.

Mereka hampir menjadi yang terbaik. Yuki Fukushima/Sayaka Hirota di YONEX French Open, dengan tiga match point melawan pasangan peringkat 8 dunia sebelum Jepang keluar dari kesulitan mereka. YONEX All England mungkin merupakan pendahulu dari apa yang mungkin terjadi di Kejuaraan Pan Am saat mereka bertemu Catherine Choi/Josephine Wu di babak pertama, dalam pertandingan yang harus dimenangkan oleh tim Kanada tersebut agar Xu bersaudara tetap berada di depan mata.

Meskipun pasangan AS kalah dalam pertandingan itu dalam tiga pertandingan, kekalahan mereka bersifat filosofis.

"Itu merupakan perjuangan fisik dan mental yang berat, dengan hampir berakhirnya kualifikasi Olimpiade,” kata Kerry Xu.

“Hanya sebulan lagi, tekanannya sangat tinggi, jadi belajarlah untuk menghadapinya, dan juga, cobalah untuk tidak membiarkan hal itu mempengaruhi Anda saat Anda bermain. Itu adalah sesuatu yang masih kami coba kerjakan. Sayangnya kami tidak mendapatkan hasil yang kami harapkan… setidaknya kami memberikan yang terbaik.”

“Rasanya tidak seperti babak pertama, karena ini biasanya semifinal atau final Pan Am,” kata adiknya.

“Kami datang dengan rasa gugup, karena bermain melawan pesaing utama kami untuk memperebutkan tempat Olimpiade cukup menegangkan bagi kami, dan ada banyak tekanan di baliknya. Sedangkan di ronde pertama lainnya saya hanya ingin bermain sebaik mungkin, mencoba mencapai level berikutnya. Tapi pertandingan ini kami jalani dengan pola pikir bahwa kami benar-benar ingin menang. Bukan hanya demi kami, tapi untuk keluarga kami dan semua orang yang mendukung kami.”

Dengan keunggulan yang begitu tipis, para suster berusaha untuk tidak terlalu terburu-buru. Tempat Olimpiade harus diraih dengan susah payah.

“Pada bulan Januari di tur Asia kami melakukannya dengan baik; saat ini kami senang dengan penampilan kami,” kata Kerry Xu.

“Soal keunggulan, kami berusaha untuk tidak terlalu memikirkannya, karena kami tidak ingin memberi tekanan pada diri kami sendiri. Kami senang bahwa saat ini kami memiliki kawasan kontinental Pan Am; mudah-mudahan kami akan mempertahankannya.”

Artikel Tag: Annie Xu, Kerry Xu, Amerika Serikat, Olimpiade Paris 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/si-kembar-amerika-bersaing-dengan-kanada-dalam-perebutan-kursi-olimpiade
999  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini