Sebagai Pemain Top, Lee Zii Jia Tak Seharusnya Absen di Piala Thomas

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 07 Apr 2024, 23:00 WIB
Sebagai Pemain Top, Lee Zii Jia Tak Seharusnya Absen di Piala Thomas

Anders Antonsen-Lee Zii Jia/[Foto: Badminton Europe]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pemain tunggal putra Lee Zii Jia akan menjadi bagian dari tim untuk Kejuaraan Piala Thomas 2024 mulai 27 April hingga 5 Mei mendatang di Chengdu China.

Presiden Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) Tan Sri Norza Zakaria berharap Lee Zii Jia, yang merupakan pemain nomor satu negara itu, akan bergabung dengan tim untuk kejuaraan beregu paling bergengsi di dunia tersebut.

Pemain peringkat 11 dunia itu masih belum mengambil keputusan apakah akan berlaga di Piala Thomas atau fokus pada persiapannya untuk Olimpiade Paris pada Juli mendatang.

Dengan partisipasi pemain nomor 2 negara dan peringkat 18 dunia Ng Tze Yong yang juga tidak pasti karena kebugarannya, Malaysia berada dalam posisi yang sulit menjelang turnamen tersebut.

Batas waktu rilis daftar tim untuk team meet adalah pada tanggal 13 April.

“Saya yakin semua pemain top kami harus menjadi bagian dari tim terlepas dari apakah itu Zii Jia, Tze Yong atau (Leong) Jun Hao,” kata Norza usai memimpin rapat dewan BAM di Akademi Bulu Tangkis Malaysia (ABM) kemarin.

“Kami ingin memiliki tim berkualitas tinggi untuk bertarung di turnamen. Tidak banyak yang mendapat kesempatan bermain untuk negara."

"Jasa para pemain untuk negara akan diapresiasi dan dikenang oleh setiap warga Malaysia. Pemain dari negara lain akan memberikan apapun untuk memperjuangkan negaranya karena kesempatan ini sangat berharga,” tambah Norza.

Norza juga mengatakan bahwa Malaysia akan memiliki peluang lebih besar untuk mencapai tahap akhir Piala Thomas jika tim berkekuatan penuh ditunjuk.

Sebuah tim yang kuat menjadi runner-up di Kejuaraan Beregu Asia di Shah Alam pada bulan Februari. Malaysia tanpa Lee Zii Jia dan Ng Tze Yong di final melawan Tiongkok dan kalah 0-3.

“Kalau melihat di kejuaraan beregu Asia, kami menyebutkan tim yang kuat dan berhasil mencapai final,” kata Norza.

“Kami tidak memenangkan turnamen karena kami kehilangan beberapa pemain di final tetapi secara keseluruhan, kami masih tampil baik. Jadi, saya berharap kami dapat memiliki tim terbaik di Chengdu.”

Idealnya, berdasarkan peringkat dunia, akan bagus jika memiliki lima single yakni Zii Jia, Tze Yong, Jun Hao, Cheam June Wei dan Justin Hoh; dan lima pemain ganda dari tiga pasangan tersebut Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Ong Yew Sin-Teo Ee Yi, dan Goh Sze Fei-Nur Izzuddin Rumsani.

Namun badan nasional tersebut mungkin menambahkan beberapa elemen kejutan dengan memilih negara lain yang berperingkat lebih rendah juga.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, Piala Thomas 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/sebagai-pemain-top-lee-zii-jia-tak-seharusnya-absen-di-piala-thomas
966  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini