Sam Cassar, Pemain Asal Malta Yang Pindah Pelatihan ke Denmark

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 27 Nov 2020, 15:00 WIB
Sam Cassar, Pemain Asal Malta Yang Pindah Pelatihan ke Denmark

Sam Cassar/[Foto:Badmintoneurope]

Berita Badminton : Pemain asal Malta, Sam Cassar berbagi mengapa dia pindah dari rumahnya untuk berlatih di Denmark untuk mengejar tujuan masa depan bulutangkisnya di Center of Excellence.

Centre of Excellence (CoE) Bulutangkis Eropa memiliki visi untuk menyediakan basis pelatihan yang berkualitas dan aspiratif bagi para pemain berbakat dan pantas dari seluruh Eropa. Inilah yang menarik banyak pemain dari berbagai negara, termasuk Sam Cassar dari Malta.

"Saya memutuskan untuk datang langsung dan berlatih di sini karena tidak ada cukup pelatihan dan sparring di rumah dan memutuskan untuk mengubah lingkungan pelatihan saya," kata Sam Cassar.

Langkah besar itu menjadi sedikit lebih mudah karena teman baiknya dari Malta, Matthew Abela, telah tinggal di Holbaek, Denmark, selama tiga tahun terakhir. Hal ini memungkinkan Cassar bertanya kepada Abela seperti apa dan apakah baik baginya untuk pindah ke sana. Dia memutuskan untuk mengikuti nasihatnya dan tidak melihat ke belakang.

"Saya pikir itu adalah keputusan yang bagus karena saya bisa lebih fokus pada bulu tangkis dan belajar lebih banyak daripada di rumah. Saya bisa belajar banyak hal baru dan saya mendapat teman dan kontak baru," ungkapnya.

Ketika ditanya apa yang secara khusus membedakan CoE dari pelatihan yang biasa ia ikuti, Cassar menjelaskan.

"Saya menyadari bahwa intensitas latihan dan permainan saya harus berubah. Saya tidak terbiasa berlatih dan bermain dengan intensitas seperti ini di rumah jadi saya masih terbiasa dengan kecepatan di sini."

Ini adalah langkah besar yang harus diambil oleh atlet muda mana pun dan Cassar sangat menyadari tantangan yang perlu dia atasi.

"Satu-satunya tipuan yang dapat saya pikirkan adalah tidak melihat keluarga dan teman saya kapan pun saya mau, tetapi sisi positifnya, saya belajar dan meningkatkan banyak hal tentang permainan saya, mendapatkan teman baru, dan juga memberi diri saya pengalaman hidup sebagai seorang atlet penuh waktu," jelasnya.

Sam Cassar berpikir kembali ke beberapa minggu pertama sebagai pemain baru di center dan berbicara tentang betapa ramahnya semua orang.

"Semua orang di sini sangat ramah dan membantu semaksimal mungkin untuk belajar dan mendorong diri sendiri. Ini juga bagus karena kami berhasil meluangkan waktu untuk bersenang-senang dan bersantai di akhir pekan."

Berbicara melalui hari-hari biasa, kata Cassar.

"Biasanya saya bangun, sarapan pagi lalu pergi latihan, makan siang, lalu istirahat sebelum latihan kedua. Kemudian saya suka menghubungi keluarga dan teman di malam hari sebelum saya tidur."

Di Holbaek Sportsby, pemain memiliki fasilitas hebat yang dapat mereka akses, seperti fisio, kolam renang, dan sauna. Menjelang liburan Natal, banyak pemain ingin menggunakan waktu ini untuk melihat keluarga mereka di rumah.

"Tahun ini saya memutuskan untuk kembali sedikit lebih awal dari biasanya karena Badminton Malta mengundang saya untuk pergi ke kamp nasional sebelum Natal. Saya juga berencana untuk melihat keluarga dan teman-teman saya sebanyak mungkin, jika COVID-19 mengizinkan, namun tetap menjaga ritme pelatihan yang baik sebanyak yang saya bisa."

Setelah itu, perencanaan untuk 2021 masih menjadi tantangan. Kejuaraan nasional di Malta akan jatuh tempo pada bulan Februari dan Sam Cassar berharap beberapa turnamen internasional akan dimulai lagi dalam waktu dekat, tetapi sangat bersyukur bahwa ia dapat terus berlatih dan bermain dengan banyak pemain top CoE di Denmark.

Artikel Tag: Sam Cassar, Malta, Denmark

652  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini