Saina Nehwal Optimis Peluang Satwik/Chirag 95 % Raih Medali Emas Olimpiade

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 09 Jul 2024, 02:30 WIB
Saina Nehwal Optimis Peluang Satwik/Chirag 95 % Raih Emas Olimpiade

Saina Nehwal/[Foto:Sportstar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Saina Nehwal berbicara terus terang tentang peluang kontingen bulu tangkis India di Olimpiade Paris 2024 , selain berbagi beberapa kiat untuk sukses di level tertinggi, kepada hadirin yang antusias yang berkumpul untuk peresmian Akademi Bulu Tangkis Profesional di Byculla, Mumbai pada hari Jumat, 5 Juli.

Akademi canggih ini terletak di Monte South, proyek perumahan mewah seluas 12,5 hektar oleh Marathon Realty dan Adani Realty.

Sudah beroperasi di kota-kota seperti Bengaluru, Hyderabad, dan Pune, klub ini didirikan oleh dua pemain bulu tangkis internasional yang sudah pensiun: Atlet Olimpiade Anup Sridhar dan Atlet Piala Thomas Vijay Lancy. Lancy juga hadir pada peresmian tersebut.

Fasilitas bayar-untuk-bermain ini menyediakan pelatihan ahli bagi pemain dari semua tingkat keterampilan: pemula, menengah, dan mahir. Akademi ini memiliki sekelompok pendiri yang luar biasa.

Lapangan-lapangan tersebut dirancang oleh Saina Nehwal dan suaminya, peraih medali emas Commonwealth Games Parupalli Kashyap , bersama pelatih-pelatih berpengalaman yang memimpin jalannya.

Akademi tersebut terdiri dari dua lapangan dan akan dikelola oleh operator olahraga terkemuka Hotfut Sports .

Saina Nehwal, pebulu tangkis India pertama yang memenangkan medali Olimpiade, mengatakan bahwa banyak anak muda ingin bermain bulu tangkis dan berprestasi di level tertinggi.

Saina Nehwal berkata, “Kami memiliki banyak pusat, tempat pelatihan yang sangat bagus disediakan. Lebih banyak akademi seperti itu harus dibuka agar kami dapat menantang olahraga seperti kriket. Olahraga kami sangat dicintai di India."

"Meskipun banyak bulu tangkis dimainkan di sini, para pemuda perlu berusaha lebih keras. Dengan bantuan akademi seperti itu, para pemuda akan mengerti apa sebenarnya bulu tangkis itu. Bulu tangkis bukanlah olahraga yang mudah. ​​Anda perlu memiliki fasilitas terbaik untuk meningkatkan permainan Anda ke level tertinggi."

 "Ketika saya mulai bermain, saya biasa bermain di lapangan semen. Tentu saja, itu membuat lutut dan pergelangan kaki saya sakit. Namun, dengan permukaan terbaik yang tersedia saat ini, Anda seharusnya dapat memanfaatkannya dengan baik.”

Peraih medali perunggu Olimpiade London 2012 ini berbicara tentang kebanggaan dan gengsi berdiri di podium.

“Sangat sulit untuk menjadi seorang olahragawan. Anda harus benar-benar disiplin karena Anda ingin menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Menonton dan bermain olahraga adalah dua hal yang sangat berbeda. Semua orang ingin mengabdi pada negara dan meraih prestasi. Saat Anda berdiri di podium, Anda akan mendapatkan banyak rasa hormat. Orang-orang berdoa agar Anda meraih prestasi," katanya.

“Saya ingin memberi tahu orang tua bahwa olahraga adalah bidang terbaik. Ayah saya adalah seorang ilmuwan, saya telah menemui banyak dokter dan insinyur, tetapi tidak ada yang mendapatkan ketenaran seperti yang diraih para olahragawan. Kami merayakan orang-orang seperti Roger Federer , Novak Djokovic , dan Serena Williams. Saya ingin meminta semua anak untuk berolahraga."

“Berusahalah sekuat tenaga dan lakukan yang terbaik hingga Anda berusia 10 atau 11 tahun. Jika tidak berhasil, pilihan lain selalu terbuka. Saya di sini untuk membantu Anda. Pelatih berpengalaman siap membantu Anda. Dengan fasilitas seperti yang akan dibangun di Mumbai, saya yakin banyak Juara Dunia dan Olimpiade yang akan segera lahir.”

Ketika ditanya apakah dia percaya pada ritual, dia berkata bahwa dia percaya bahwa ada kekuatan yang melindungi kita. Namun, seseorang harus bekerja keras.

“Saya pribadi mendapatkan kedamaian mental saat pergi ke kuil. Saya suka pergi ke tempat-tempat seperti Amarnath dan Kedarnath. Namun, Anda juga harus bekerja keras. Jika lawan Anda berlatih selama 8-9 jam, Anda harus berlatih selama 10 jam."

“Etos kerja Anda harus sangat baik dan Anda harus sempurna agar dapat bersaing di level tertinggi. Anda harus melakukan banyak pengorbanan. Anda tidak boleh menipu diri sendiri. Ingat, Olimpiade diadakan empat tahun sekali. Tidak ada yang bisa diulang."

“Saat Anda akan mengikuti turnamen, anggaplah Anda hanya berlatih di kandang sendiri. Bahkan jika Anda sudah unggul 18 atau 19 poin, anggaplah Anda sedang bermain dalam pertandingan yang panjang: jangan pikirkan 1 poin itu. Anda mungkin akan kalah dalam beberapa pertandingan, tetapi begitulah cara Anda mengembangkan kesabaran.”

Mantan pemain peringkat 1 dunia itu juga mengomentari kontingen bulu tangkis India yang akan berangkat ke Paris.

“Sayangnya saya tidak akan ambil bagian karena saya menderita radang sendi. Namun, kami memiliki kontingen yang kuat. Duo Satwiksairaj Rankireddy dan Chirag Shetty memiliki peluang 95% untuk memenangkan emas," kata Saina Nehwal.

“Selain mereka, ada Lakshya, Prannoy, Sindhu , dan pasangan ganda putri Ashwini Ponnappa dan Tanisha Crasto. Saya yakin mereka semua akan mempersiapkan diri dengan keras, tetapi ingatlah bahwa seluruh dunia juga akan mempersiapkan diri. Tingkat persaingan akan tinggi, jadi mari kita berharap yang terbaik. Saya doakan mereka semua beruntung.”

Artikel Tag: saina nehwal, Satwiksairaj Rankireddy, Chirag Shetty, Olimpiade Paris 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/saina-nehwal-optimis-peluang-satwikchirag-95-raih-medali-emas-olimpiade
484  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini