Rexy Mainaky Dukung Pembatasan Usia Masuk Timnas Jadi 16 Tahun

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 01 Des 2023, 10:30 WIB
Rexy Mainaky Dukung Pambatasan Usia Masuk Timnas Jadi 16 Tahun

Rexy Mainaky/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Direktur kepelatihan BAM asal Indonesia, Rexy Mainaky, mengatakan tidak boleh ada kekurangan talenta, bahkan setelah badan nasional menaikkan usia penerimaan pemain junior dari 13 menjadi 16 tahun.

Mulai tahun depan, hanya pemain berusia 16 tahun ke atas yang akan diserap ke program junior nasional di Akademi Bulutangkis Malaysia (ABM) di Bukit Kiara.

Pemain yang berusia di bawah 16 tahun akan terus tinggal bersama keluarga mereka, dan terikat pada BA Negara Bagian masing-masing.

Dengan segudang pengalamannya, baik sebagai pemain maupun pelatih, Rexy Mainaky termasuk yang menjadi ahli materi, bersama Ketua Junior BAM, Jeffer Rosobin, yang memberikan masukan kepada gugus tugas khusus, sebelum mengambil keputusan akhir.

Selain di Malaysia, Rexy mantan juara Olimpiade dan dunia ini pernah melatih di negara asalnya Indonesia, Inggris, Filipina, dan Thailand.

Menurut Rexy Mainaky, sebagian besar negara maju tidak menyerap pemain juniornya di usia muda.

“Di Indonesia dan Thailand, pemainnya semua terikat dengan klubnya masing-masing. Klubnya banyak. Di Inggris dan Filipina, masih serupa tetapi dalam skala yang lebih kecil,” kata Rexy.

“Yang ingin saya sampaikan, penting bagi pemain muda untuk tetap bersama keluarga. Mendewasakan diri terlebih dahulu sebelum bergabung dengan timnas. Jika mereka bergabung terlalu dini, dan mengalami kerinduan, maka akan sangat sulit bagi mereka untuk berlatih pada level tertentu,” tambah Rexy.

Pada hari Selasa, BAM mengeluarkan pernyataan yang mengumumkan bahwa program junior nasional di ABM hanya akan menerima pemain berusia di atas 15 tahun mulai tahun 2024.

Presiden BAM Tan Sri Norza Zakaria mengatakan langkah tersebut, yang digagas oleh gugus tugas BAM, akan memberikan kesempatan kepada asosiasi negara, pelatih, dan orang tua di akar rumput untuk bekerja lebih lama dengan para pemain muda sebelum mereka diserap ke dalam tim nasional.

Namun pemain berusia 14 dan 15 tahun yang sudah bergabung dengan ABM akan tetap berada di pelatnas.

Artikel Tag: rexy mainaky, bam, Indonesia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/rexy-mainaky-dukung-pembatasan-usia-masuk-timnas-jadi-16-tahun
298  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini