Rekor Kemenangan Fantastis Lin Dan Melawan Seluruh Pemain Malaysia

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 07 Jul 2020, 17:30 WIB
Rekor Kemenangan Fantastis Lin Dan Melawan Seluruh Pemain Malaysia

Lee Chong Wei-Lin Dan/[Foto:SinaSports]

Berita Badminton : Ini skor yang mengejutkan, Lin Dan 90 berbanding Malaysia dengan 15. Begitulah dominannya legenda bulu tangkis China yang baru saja pensiun melawan semua pemain Malaysia, ia hanya kalah 15 kali dalam 105 pertemuan dan hanya tiga pemain Malaysia yang pernah mengalahkannya!

Ketiganya adalah musuh bebuyutannya, Lee Chong Wei, Liew Daren dan Ong Ewe Hock, yang mengalahkan Lin Dan ketika dia adalah seorang pemula yang baru saja naik daun.

Menurut catatan head-to-head resmi Federasi Badminton Dunia (BWF), juara Olimpiade dua kali, Lin Dan, dengan mudah telah menggulingkan lawan-lawannya dari Malaysia sepanjang 20 tahun karirnya.

Sebanyak 23 pemain Malaysia telah melewati jalur dengan "Super Dan" yang legendaris setidaknya satu kali di beberapa titik, dan 20 pemain tidak memiliki apa-apa selain kekalahan. Hanya tiga yang memiliki hak menyombongkan diri.

Chong Wei berhasil mengumpulkan 12 kemenangan dalam 40 pertemuan, sementara Ewe Hock mengalahkannya dua kali dalam empat pertemuan dan Daren hanya berhasil satu kemenangan dalam tiga pertemuan.

Kedua kemenangan Ewe Hock datang di perempat final Malaysia Open pada 2001 dan 2002, sementara Daren mengalahkan juara dunia lima kali itu selama putaran pertama Korea Open tahun lalu.

Tunggal putra top Malaysia lainnya mendapati Lin Dan terlalu panas untuk ditangani dan ini termasuk mantan pemain nomor satu dunia, Wong Choong Hann dan Roslin Hashim, serta mantan juara All England, Hafiz Hashim. Choong Hann dan Roslin kehilangan delapan pertemuan mereka sementara Hafiz menandai rekor tanpa kemenangannya dengan sembilan kekalahan.

Choong Hann, yang sekarang menjabat sebagai pelatih kepala Federasi Badminton Malaysia (BAM), mengalami dua kekalahan di dua final utama, yakni China Open 2003 dan China Masters 2007.

Hafiz mengakui bahwa Lin Dan berada di kelasnya sendiri.

"Sulit untuk bermain melawannya di puncaknya ... terlalu bagus, terlalu superior," kata Hafiz, yang kalah dari Lin Dan di final German Open 2005.

“Bahkan pada saat-saat ketika kamu merasa seperti memiliki kelebihan di atasnya, dia entah bagaimana selalu bisa membalikkan keadaan."

“Saya tidak pernah bisa melupakan China Masters (pertandingan babak kedua) pada tahun 2011. Saya sudah berada di ambang kemenangan ketika saya memimpin 18-13 di pertandingan game kedua (dia memenangkan 21-14 game pertama), tetapi saya berakhir dengan kekalahan 19-21. Dalam game penentuan, dia mengungguli saya 9-21," ungkapnya.

“Itu bisa menjadi kemenangan untuk benar-benar dihargai. Bukan hanya karena saya belum pernah mengalahkannya sebelumnya. Saya pikir akan luar biasa untuk mengalahkannya setelah dia dinobatkan sebagai juara dunia (untuk keempat kalinya)." “Itu adalah kali terakhir saya melawannya. Meskipun saya belum mengalahkannya, tetap merupakan kehormatan besar bisa bermain di era yang sama dengannya. Dia benar-benar legenda, yang terhebat sepanjang masa,” Hafiz menambahkan.

Mantan pemain nomor dua dunia, Ewe Hock menggemakan sentimen Hafiz, yang mengatakan bahwa ia beruntung bermain melawan Lin Dan empat kali sebelum berhenti pada 2004.

"Ketika saya bermain melawannya di awal 2000-an, dia sudah menjadi pemain nomor tiga China setelah Xia Xuanze dan Bao Chunlai," kata Ewe Hock, pemenang Malaysia Open dua kali.

"Saya mungkin telah mengalahkannya sebagai bintang yang sedang naik daun, tetapi jujur ​​saya akan mengatakan dia sudah kelas dunia pada waktu itu. Dia begitu kuat, cepat dan bersemangat untuk mengesankan. Saya harus mengalahkannya dengan pengalaman saya."

“Saya tahu dia ditakdirkan untuk menjadi hal besar berikutnya dari bulu tangkis dunia. Cukup benar ia melanjutkan untuk menaklukkan dunia," jelas Ewe Hock.

Berikut rekor pertemuan Lin Dan menghadapi semua pemain Malaysia :

-Lee Chong Wei 28-12 

-Ong Ewe Hock 2-2

- Liew Daren 2-1

- Hafiz Hashim 9-0

- Wong Choong Hann 8-0

- Roslin Hashim 8-0

- Yeoh Kay Bin 5-0

- Chong Wei Feng 4-0

- Lee Tsuen Seng 4-0

- Sairul Amar Ayob 4-0

- K. Yogendran 2-0

- Ramesh Nathan 2-0

-Zulfadli Zulkiffli 2-0

- Yong Hock Kin 1-0

- Salim Sameon 1-0

- Pei Wei Chung 1-0

- Mohd Hashim 1-0

- Cheam June Wei 1-0

- Hafiz Hasbullah 1-0

- Hazwan Jamaluddin 1-0

- Goh Soon Huat 1-0

- Kuan Beng Hong 1-0

- Chong Yee Han 1-0

Artikel Tag: lin dan, lee chong wei, Daren Liew, BWF

1016  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini