Rahmat Hidayat, Talenta Muda Terbaik Asia Asal Indonesia

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 02 Mei 2021, 03:00 WIB
Rahmat Hidayat, Talenta Muda Terbaik Asia Asal Indonesia

Rahmat Hidayat/[Foto:PB Djarum]

Berita Badminton : Rahmat Hidayat adalah pemain muda Indonesia. Pada usia 17 tahun, dia saat ini menduduki posisi 12 di peringkat junior ganda putra. Dengan 76 kemenangan karir sejauh ini di tunggal putra, ganda dan ganda campuran, Hidayat adalah salah satu pemain yunior terbaik Asia!

Di tahun 2016, saat baru memulai karir juniornya, Rahmat Hidayat sudah menjadi pemain yang menjanjikan. Pada ajang Jakarta Open Junior International 2016 (U17 & U15), dia dan rekannya Muhammad Habibie Ananda Irham berhasil melaju ke babak 16 besar; awal yang baik untuk karir seorang pemain.

Tahun berikutnya, Rahmat Hidayat terus bertanding di berbagai turnamen seperti Pembangunan Jaya Raya International Junior Grand Prix 2017 (U19) bersama pasangan Ananda Kusuma Atmadja Pohan dan tahun 2018 di Victor Exist Jakarta Open Junior International Championships 2018 bersama pasangan ganda putra Davin Rutama.

Namun, baru pada tahun 2019 hal-hal tipis mulai benar-benar lepas landas untuk pemain muda itu. Pada Pembangunan Jaya Raya Junior Grand Prix 2019, bersama rekannya Febi Setianingrum, mereka mengalahkan rekan senegaranya Muhammad Gibran Arfiansyah / Aisyah Salsabila Putri Pranata untuk mengangkat gelar juara dengan menang di final 15-21, 21-17, 21-19 hanya dalam waktu 45 menit!

Kemenangan tersebut merupakan awal yang luar biasa untuk tahun ini. Ia kembali mengangkat trofi bersama Setianingrum di Victor Exist Jakarta Junior International Series saat mereka mengalahkan Gerardo Rizqullah Hafidz / Sabrina Ajeng Takira 21-17 dan 21-12 hanya dalam waktu kurang dari 30 menit.

Tak berhenti sampai di situ, ia juga berhasil meraih satu trofi di DAIHATSU Astec Regional Junior U13, U15, U17 2019 (YOGYAKARTA) dengan partner yang berbeda, kali ini Davin Rutama. Ini menunjukkan bakat luar biasa dan kemampuannya untuk menang dengan siapa pun yang bermain dengannya.

Rahmat Hidayat dan Rutama juga sukses berurutan setelah mengangkat WONCHEON Yonex Korea Junior Open International Challenge 2019 setelah mengalahkan pasangan Korea Pyeong Kang CHOI / Yoo Jun LEE.

Di tahun 2020, kesuksesan terus berlanjut untuk pemain berusia 17 tahun itu. Pada Italian Junior 2020, ia mengoleksi medali perak. Tak lama kemudian, ia kembali mengangkat satu medali emas di Yonex Dutch Junior International 2020 bersama Muhammad Rayhan Nur Fadillah setelah mengalahkan lawan mereka dari Malaysia. Dia juga menjadi runner-up di Junior Jerman pada bulan Maret 2020.

Meski baru memulainya, dia sudah mengoleksi begitu banyak medali dalam karirnya. Jika karir juniornya sudah penuh dengan kesuksesan, kita bisa membayangkan betapa dia akan menjadi jauh lebih baik begitu dia berkompetisi di turnamen senior. Kami mendoakan yang terbaik untuknya.

Artikel Tag: Rahmat Hidayat, Indonesia, Asia

7654  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini