Profil Zheng Yu, Talenta Ganda Putri Muda Dunia Asal China

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 05 Nov 2021, 03:00 WIB
Profil Zheng Yu, Talenta Muda Terbaik Dunia Asal China

Zheng Yu/[Foto:Badmintonrackets]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Zheng Yu adalah pemain bulu tangkis asal China yang saat ini berada di peringkat 15 dunia BWF untuk ganda putri bersama Li Wenmei. 

Pada usia 25 tahun, Zheng Yu memiliki 77 kemenangan karir di kategori tunggal dan ganda putri, dan baru-baru ini memenangkan beberapa hadiah utama di turnamen terbesar tahun ini. Karena itu, Zheng adalah salah satu pemain terbaik Asia!

Zheng Yu mulai bermain bulu tangkis sejak awal hidupnya, sekitar tahun 2003. Sebagai seorang anak, dia memenangkan gelar lokal dan provinsi pada pertengahan 2000-an; sudah menonjolkan potensinya untuk menjadi pemain bulu tangkis papan atas. Hal ini dibuktikan lebih lanjut ketika dia terpilih untuk bergabung dengan tim nasional pada tahun 2010. Suatu kehormatan yang sangat besar untuk pemain muda.

Sebagai pemain junior, Zheng Y8 sudah mencapai puncak podium. Dia memenangkan medali emas berturut-turut di beregu campuran di Kejuaraan Junior Asia 2011 di India dan Kejuaraan Dunia Junior 2012 di Jepang.

Sebagai pemain senior, kariernya dimulai dengan baik. Pada tahun 2018 ia berpartisipasi dalam banyak turnamen Internasional termasuk China, Prancis, Denmark dan Singapore Open. Meski tidak melaju terlalu jauh di turnamen ini, Zheng tetap memenangkan 2 keping perak. 

Di German Open, Zheng dan pasangannya Huang Dongping mencapai final dan memenangkan perak melawan duo Jepang Yuki Fukushima dan Sayaka Hirota. Kemudian, dia juga meraih medali perak lainnya bersama pasangannya Cao Tongwei melawan Ayako Sakuramoto dan Yukiko Takahata. Itu adalah upaya besar darinya tahun itu yang mendorongnya lebih jauh di tahun berikutnya.

Tahun berikutnya melihatnya berkompetisi di lebih banyak turnamen internasional seperti Swiss, All England, Indonesia dan Thailand Open. Bersama pasangannya Li Wenmei, mereka mampu meraih medali perak di Thailand Masters. Mereka hanya kalah di final melawan Puttita Supajirakul dan Sapsiree Taerattanachai. 

Namun, kerja keras dan tekadnya membuahkan hasil. Pada tahun 2020, Zheng dan memenangkan gelar internasional senior pertamanya di Malaysia Masters 2020 bersama Li Wenmei. Mereka mengalahkan rekan senegaranya Du Yue dan Li Yinhui! Sungguh momen yang luar biasa bagi mereka.

Tapi itu di tahun 2021 di mana kesuksesannya lepas landas. Dalam sebulan terakhir ini, Zheng memenangkan 3 medali emas berturut-turut. Di Piala Sudirman, dia adalah bagian dari tim campuran yang memenangkan gelar ke-12 China. Kemudian tepat setelah di Piala Uber, dia membantu timnya memenangkan gelar melawan Jepang, menang 3-1 di final. Dan baru-baru ini, Zheng dan Huang Dongping memenangkan gelar Denmark Open melawan pasangan Korea Lee So-hee dan Shin Seung-chan di mana mereka menang 21–15 dan 21–17.

Tahun ini melihat kebangkitan Zheng Yu yang spektakuler. Kami sangat senang melihatnya melangkah lebih jauh dalam karir bulu tangkisnya di mana kami berharap dia akan mencapai tingkat yang lebih tinggi lagi.

Artikel Tag: Zheng Yu, China

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/profil-zheng-yu-talenta-ganda-putri-muda-dunia-asal-china
3928  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini