Profil Chen Qing Chen, Pemain Spesialis Ganda Terbaik Dunia Asal China

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 29 Jul 2022, 15:00 WIB
Profil Chen Qing Chen, Pemain Spesialis Ganda Terbaik Dunia Asal China

Chen Qing Chen-Jia Yifan/[Foto:SinaSports]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Jika Anda adalah bagian dari komunitas bulu tangkis, nama Chen Qing Chen pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Dia adalah seorang atlet bulu tangkis dari China.

Chen merupakan salah satu pemain yang sudah tidak asing lagi di kalangan penggemar bulu tangkis. Meski baru berusia 24 tahun, dia telah lama menjadi salah satu pemain yang paling dinanti. Saat masih junior, Chen Qing Chen merupakan pemain serba bisa yang bermain di ganda putri dan ganda campuran. Chen Qing Chen adalah sosok yang memupus harapan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Masita Mahmudin dan Rian Ardianto/Rosyita Eka Putri menjadi juara dunia junior di ganda campuran.

Dia masuk ke ganda putri dan dipasangkan dengan Jia Yifan. Sejak itu, keduanya telah meraih banyak prestasi. Salah satunya adalah di Dubai Superseries Finals 2016. Saat ini, Chen merupakan pemain ganda putri yang menduduki peringkat satu dunia bulu tangkis.

Hal ini tidak mengherankan mengingat kemampuannya di bidang bulu tangkis sudah terlihat sejak SMP. Selain itu, Chen merupakan pemegang juara dunia ganda campuran junior tiga kali berturut-turut yaitu pada 2013, 2014, dan 2015 serta menjadi juara dunia ganda putri junior pada 2014-2015.

Chen/Jia sering mendapat sorotan publik karena permainan bulutangkisnya yang apik. Apalagi saat bertemu dengan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, dalam perebutan medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.

Saat itu Chen/Jia kalah dari Polii/Apriyani. Namun, Chen Qing Chen dan Jia Yifan menjadi ratu ganda putri saat ini karena mendominasi peringkat pertama di versi BWF. Menariknya, meski saat ini ia menyandang gelar nomor satu di ganda putri, ia mengungkapkan bahwa dirinya dan pasangan bulu tangkisnya, Jia Yifan, mengakui bahwa Greysia Polii adalah idola mereka di bulu tangkis.

Mereka telah menonton Greysia Polii sejak mereka masih kecil. Seperti yang mereka katakan, "Bukan karena Greysia lebih tua (senior), kami telah menonton Greysia sejak kami kecil hingga sekarang," tambahnya.

Artikel Tag: Chen Qing Chen, Jia Yifan, China, Greysia Polii

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/profil-chen-qing-chen-pemain-spesialis-ganda-terbaik-dunia-asal-china
1829  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini