Pornpicha Choekeewong, Salah Satu Talenta Muda Terbaik Asia Asal Thailand

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 12 Mar 2021, 18:45 WIB
Pornpicha Choekeewong, Salah Satu Talenta Muda Terbaik Asia Asal Thailand

Pornnicha Choekeewong/[Foto:BadmintonAsia]

Berita Badminton : Pornpicha Choekeewong adalah pemain junior dari Thailand. Lahir pada tahun 2003, dia adalah pemain peringkat 3 dunia saat ini di peringkat Junior BWF untuk tunggal putri. Meski baru berusia 18 tahun, sejauh ini ia sudah meraih 88 kemenangan dalam karir untuk tunggal putri dan ganda putri. Jika dia terus menanjal, dia pasti akan menjadi salah satu yang terbaik di Asia.

Di tahun 2016 awal karirnya, dia sudah menandai tempatnya di bulu tangkis junior. Dalam Oue Singapore Youth International Series 2016, ia mencapai perempat final di kategori tunggal, dan mencapai final di kategori ganda dengan pasangannya, Pornnicha Suwatnodom, sebelum dikalahkan oleh pasangan Jepang, Riko Gunji dan Akari Nakashizu. Tapi meski tidak mengangkat gelar, memenangkan tempat kedua di awal karirnya adalah tanda bahwa dia akan segera mendominasi.

Tahun berikutnya di 2017, melihatnya berkompetisi di lebih banyak turnamen daripada tahun-tahun sebelumnya. Dia berpartisipasi dalam Beer Lao International Series 2017 di mana dia mencapai perempat final bersama Suwatnodom, dia pergi ke Korea dan berkompetisi di Yonex Korea Junior Championshops juga.

Namun, baru pada akhir tahun ia mengangkat gelar pertamanya di Oue Singapore Youth International Series 2017 bersama Suwatnodom. Mereka mencapai final dan mengalahkan pasangan Thailand lainnya, Krittaporn Jiantanet dan Sasikarn Piyawatcharavijit 21-16 dam 21-14 hanya dalam waktu kurang dari 30 menit. Gelar pertama yang luar biasa untuk mereka berdua.

2018 adalah tahun yang paling sibuk bagi Pornnicha Choekeewong karena ia berkompetisi di lebih banyak turnamen, termasuk Junior Belanda dan Jerman di mana mereka mencapai perempat final di kedua kompetisi.

Kompetisi lainnya termasuk Yonex Shera Roza Bty Junior International 2018, Badminton Asia Junior Championships 2018 (Individual Event), Yonex Sunrise India Junior International 2018 dan masih banyak lagi. Pada Oktober 2018, ia akhirnya mendarat di podium ketika ia dan Suwatnodom mencapai final Badminton Asia Junior U17&15 Championships 2018. Namun, mereka kalah dari rekan senegaranya Benyapa Aimsaard dan Peeraya Khantaruangsakul 12-21 dan 17-21 . Tetap saja, itu prestasi luar biasa di turnamen besar junior.

Tapi untungnya, pada tahun 2019, ia terus berkompetisi di banyak kompetisi yang sama seperti tahun sebelumnya, seperti Junior Jerman. Di Mongolia Junior International Series 2019, ia mencapai dua final untuk tunggal dan ganda, mendapatkan trofi tempat kedua di Mongolia. Ia juga cukup sukses di India Junior International 2019 di mana ia mencapai semifinal kategori tunggal dan final ganda, sebelum kalah dari Kaho Osawa dan Hinata Suzuki dari Jepang.

Seperti tahun sebelumnya, Pornpicha Choekeewong juga sukses di ajang Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2019, meraih podium di ajang ganda putri.

Pada tahun 2020 ia menghadiri beberapa acara tetapi karena pandemi COVID-19, banyak di antaranya yang dibatalkan.

Kami berharap tahun ini lebih banyak turnamen junior tersedia, sehingga kami dapat melihat bintang Thailand Pornpicha Choekeewong semakin makmur dan menjadi bintang yang sedang naik daun.

Artikel Tag: Pornnicha Choekeewong, thailand, junior, Asia

2529  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini