Piala Sudirman 2019: Indonesia Jumpa Jepang di Semifinal

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 25 Mei 2019, 11:00 WIB
Piala Sudirman 2019: Indonesia Jumpa Jepang di Semifinal

Greysia Polii-Apriyani Rahayu/[Foto:PBSI]

Berita Badminton : Kemenangan Indonesia atas Taiwan di babak perempat final membuat Jonatan Christie dan kawan-kawan harus bentrok dengan unggulan teratas Jepang di babak empat besar Piala Sudirman 2019.

Di atas kertas, Jepang memang lebih diunggulkan ketimbang Indonesia yang menempati unggulan ketiga. Nyaris semua sektor mereka mempunyai pemain ranking teratas dunia.

Sebut saja tunggal putra peringkat 1 dunia, Kento Momota yang tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Jika Momota absen, mereka masih punya Kenta Nishimoto yang kini berada di peringkat 10 dunia.

Di ganda putra, Jepang mempunyai pasangan peringkat 2 dunia, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dan juara Asia 2019 beberapa waktu lalu, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe yang kini bertengger di peringkat 6 dunia.

Sektor tunggal putri Jepang membawa mantan juara dunia yang juga peringkat 2 dunia, Nozomi Okuhara serta pemain peringkat 4 dunia, Akane Yamaguchi.

Ganda putri adalah sektor yang paling kuat bagi Jepang, di mana mereka membawa pasangan peringkat 1 dunia, Mayu Matsutomo/Wakana Nagahara, peringkat 2 dunia, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dan peringkat 4 dunia, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Namun Indonesia tetap punya kesempatan untuk memenangkan pertandingan. Seperti Greysia Polii/Apriyani Rahayu meskipun kalah jauh dalam rekor head to head menghadapi ganda putri Jepang, namun permainan pasangan peringkat 5 dunia itu kini tengah menanjak, ditambah lagi mereka belum terkalahkan sejauh ini di Piala Sudirman 2019.

"Kekuatan Jepang memang merata, tapi saat ketemu Rusia, Jepang juga sempat tertinggal. Kalau kita kupas satu-satu, ganda putra memang ramai, lihat dari head to head dulu, siapa yang akan turun? Kalau di ganda putri memang banyak kalah di pasangan kami. Tapi kan di pertandingan ini kita belum tahu, penampilan Greysia (Polii)/Apriyani (Rahayu) juga lagi naik, mereka nggak terkalahkan dari awal, mudah-mudahan percaya diri mereka naik dan tambah berani," jelas Susy Susanti, Manajer Tim Indonesia.

Laga semifinal Indonesia vs Jepang akan berlangsung di Nanning Sports Center Gymnasium, China pada Sabtu (25/5) malam waktu setempat.

Artikel Tag: gresia polii, apriyani rahayu, Piala Sudirman 2019

826  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini