Piala Sudirman 2019: Apa Pertimbangan Hendry Saputra Dalam Memilih Pemain Tunggal Putra?

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 21 Mei 2019, 21:00 WIB
Piala Sudirman 2019: Apa Pertimbangan Hendry Saputra Dalam Memilih Pemain Tunggal Putra?

Hendry Saputra/[Foto:PBSI]

Berita Badminton: Tunggal putra Indonesia berkekuatan tiga pemain di Kejuaraan Beregu Campuran Piala Sudirman tahun ini. Soal pemain mana yang akan diturunkan, pelatih kepala tunggal putra PBSI, Hendy Saputra mengungkapkan bahwa keputusan itu akan diambil sebelum laga dimulai.

Setelah Anthony Sinisuka Ginting diturunkan saat menghadapi Inggris dan berhasil menyumbang poin, pemain yang akan diturunkan untuk menghadapi Denmark di laga kedua pada Rabu (22/5) masih belum diputuskan.

Denmark mempunyai pemain papan atas seperti mantan juara dunia, Victor Axelsen dan juga juara Indonesia Masters 2019, Anders Antonsen. Axelsen kemungkinan besar akan diturunkan di laga ini, mengingat pengalaman dan performa pemain peringkat 3 dunia itu.

Menilik dari rekor pertemuan, Anthony memang lebih diunggulkan menghadapi Axelsen dengan skor 2-1, sementara Jonatan Christie tertinggal dalam rekor pertemuan dengan skor 1-3 menghadapi juara India Open 2019 itu.

"Penentuan pemain yang turun itu last minute, nanti ditentukan setelah rapat tim, kan ini pertandingan beregu. Intinya siapa pun yang diturunkan, yang penting selama dia bisa fokus, tidak melakukan kesalahan sendiri, kami yakin pasti bisa," ujar Hendry.

Hendry menilai bahwa kekalahan Jonatan atas Axelsen di pertemuan terakhir di Singapore Open 2019 World Tour Super 500 beberapa waktu lalu karena kurangnya daya juang Jonatan dan banyak melakukan kesalahan sendiri di momen akhir pertandingan hingga membuat Axelsen mampu membalikan keadaan. Sementara Anthony meskipun menang di dua pertemuan terakhir menghadapi Axelsen, namun pemain peringkat 7 dunia itu belum menemukan performa terbaiknya musim ini.

"Di pertemuan terakhir dengan Axelsen, Jonatan kalah di finishing, mati sendiri dan cara mainnya salah, salah stroke, sehingga mudah dimatikan lawan. Anthony pernah mengalahkan Axelsen, tapi jangan dilihat hanya dari rekor pertemuan, Anthony harus bisa kurangi kesalahan sendiri dan mainnya lebih fokus," jelas Hendry.

Jika dilihat dari statistik dan performa dalam beberapa turnamen terakhir, Jonatan lebih berpeluang untuk diturunkan. Apalagi kemenangan di turnamen New Zealand Open 2019 awal bulan ini mampu menambah kepercayaan diri sang pemain.

Artikel Tag: Jonatan Christie, Anders Antonsen, Anthony Sinisuka Ginting, victor axelsen, Piala Sudirman 2019

1352  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini