Pertama Kali, China Datangkan Pelatih Asing

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 03 Sep 2019, 22:30 WIB
Pertama Kali, China Datangkan Pelatih Asing

Kang Kyung Jin/[Foto:AFP]

Berita Badminton: Untuk pertama kalinya dalam sejarah bulu tangkis China, mereka mengontrak pelatih asing untuk membimbing pemain mereka, yakni mantan pelatih kepala tim nasional Korea Selatan, Kang Kyung Jin.

Seperti dilansir surat kabar Korea (3/9), ini adalah tonggak sejarah bagi negara adikuasa bulu tangkis China setelah mereka menderita hasil buruk di Kejuaraan Dunia 2019 di Basel, Swiss dengan hanya mengirim satu wakil ke final dan meraih satu gelar juara.

Sebagai catatan, China belum pernah menggaet pelatih asing untuk menjadi bagian di tim nasional mereka. Namun sekarang, mereka mengandalkan Kang Kyung Jin untuk menghidupkan kembali sektor ganda mereka serta membantu memperkuat dan mempersiapkan skuat China di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

Federasi Badminton China memutuskan untuk mengontrak Kang mungkin berdasarkan beberapa faktor. Kang adalah mantan pemain ganda putra. Ia memenangkan gelar All England pada 1997. Kedua, ia mempunyai reputasi yang baik dalam pengembangan pemain ganda dan yang ketiga ia juga memiliki kemampuan pembinaan individu yang kuat.

Dalam beberapa tahun terakhir, pelatih asal Korea itu membuat dampak yang besar di kancah bulu tangkis internasional ketika mantan peraih medali emas Olimpiade, Park Joo Boong, memimpin tim nasional Jepang dengan menyalip China menjadi negara terkuat bulu tangkis, terutama di sektor tunggal putra dan ganda putri.

Pada saat yang sama, pelatih Kim Ji Hyun juga sukses membantu pemain top India, Pusarla Venkata Sindhu meraih medali emas tunggal putri di Kejuaraan Dunia 2019 lalu di Basel, Swiss.

Adapun Kang Kyung Jin, setelah menjadi pelatih kepala tim nasional Korea pada tahun 2016, ia kemudian membawa tim Korea mengalahkan China untuk merebut gelar kejuaraan bergengsi beregu campuran Piala Sudirman 2017 yang berlangsung di Gold Coast, Australia.

Artikel Tag: Kang Kyung Jin, Park Joo Bong, Kim Ji Hyun, China

13955  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini