Perjalanan Nhat Nguyen Lolos ke Olimpiade Tokyo

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 05 Jun 2021, 23:30 WIB
Perjalanan Nhat Nguyen Lolos ke Olimpiade Tokyo

Nhat Nguyen/[Foto:Badmintoneurope]

Berita Badminton : Nhat Nguyen, salah satu bintang muda Eropa yang sedang naik daun berbagi perjalanan Olimpiade pribadinya, membahas bagaimana menjadi seorang juara, penampilannya yang besar di TV Irlandia dan pola pikir menuju Tokyo. Bisakah Nhat Nguyen memenangkan Olimpiade?

"Jelas di kepala saya, saya pikir saya bisa melakukannya. Untuk mengalahkan semua orang dalam satu turnamen, itu tergantung pada banyak faktor," kata Nguyen mengawali. 

Berasal dari daerah pedesaan dekat Hanoi, Vietnam, Nguyen pindah ke Irlandia ketika dia baru berusia satu setengah tahun. Dia mengakui itu adalah masa yang sulit dalam hidupnya, dengan tidak banyak uang untuk bekerja dan tidak berbicara bahasa Inggris.

"Melihat kembali sekarang, untuk melihat seberapa jauh kita telah melangkah. Orang tua saya menjalankan sebuah restoran Cina, saudara perempuan saya memiliki tiga bisnis dan saya bermain bulu tangkis penuh waktu. Saya sangat berterima kasih untuk semuanya."

Selama COVID-19, Nhat Nguyen lebih dari bersedia untuk membantu keluarganya dengan bisnis, menyiapkan makanan, menerima pesanan dan bahkan menjadi sopir pengiriman.

Nhat Nguyen mengambil raket untuk pertama kalinya pada usia tujuh tahun. Sudah menjadi sifat alami keluarga Nguyen untuk memutuskan melakukan sesuatu dan selalu memberikannya 100 persen. Tepat setelah ulang tahunnya yang kedua belas pada tahun 2012, saat menonton Olimpiade yang berlangsung di sisi lain Laut Irlandia di London, sesuatu diklik.

"Saya mau melakukan itu. Saya bisa melakukan itu. Aku akan mencobanya. Saat itulah saya mulai menganggapnya jauh lebih serius."

Di dinding di atas tempat tidurnya, ia memiliki kata-kata 'Juara Dunia', 'Emas Olimpiade' dan 'Apa yang Anda lakukan dalam kegelapan, itulah yang membuat Anda bersinar'. Bangun setiap pagi dia melihat mereka untuk motivasi.

Bagaimana menjadi juara Nhat Nguyen naik ranking dan mengaitkan banyak hal ini dengan pola pikirnya dan mencoba memahami cara berpikir seorang juara. Tidak hanya membawa pelatihan, pemulihan, dan nutrisinya ke tingkat berikutnya, tetapi juga mencoba mempelajari strategi dan keterampilan baru yang tidak dimiliki pemain lain di dunia.

Pada tahun 2017, Nhat Nguyen memenangkan Welsh International mengalahkan RMV Gurusaidutt yang berpengalaman dan kemudian melanjutkannya dengan mencapai final Irlandia Terbuka, serta merebut mahkota benua di Kejuaraan Eropa U17. Namun, pada tahun berikutnya ia benar-benar memantapkan posisinya sebagai salah satu talenta paling cemerlang di Eropa dengan meraih medali perunggu di Kejuaraan Junior Eropa 2018. Meskipun naik ke atas, dia tetap sangat membumi.

"Saya mencoba untuk tidak memikirkan hal-hal materialistis. Saya mencoba menikmati momen-momen kecil. Sangat bagus untuk menjadi manusia yang baik. Hanya bersikap baik, sopan, tidak impulsif dengan keputusan Anda dan memegang kendali," katanya.

Final seri Late Late Show Acara bincang-bincang larut malam terlama kedua di dunia, 'The Late Late Show' Irlandia adalah salah satu acara paling populer di TV. Untuk akhir musim, mereka mengundang sederet legenda olahraga dan tim kualifikasi Olimpiade Tim Irlandia, termasuk Nguyen.

Irlandia akan memiliki 64 atlet yang bertanding di 14 cabang olahraga. Katie Taylor, peraih medali emas Olimpiade dan petinju Juara Dunia, juga hadir dalam acara yang menampilkan kualifikasi Olimpiade Rhys McClenaghan (Senam), Brendan Irvine (Tinju), Aoife Cooke (Marathon), Natalya Coyle (Atletik) dan tentu saja, Nhat Nguyen ( Badminton), yang membahas persiapan terakhir mereka sebelum terbang ke Tokyo.

"Itu sangat menegangkan. Mungkin lebih gugup daripada saya akan berjalan di lapangan di Tokyo. Tapi saya sangat menikmatinya. Saya bertemu dengan sesama atlet Tim Irlandia saya yang hebat karena kita semua berada di perjalanan yang sama di sini, jadi senang mengalami ini bersama mereka."

Tokyo

Satu-satunya perwakilan bulu tangkis Irlandia menampilkan beberapa penampilan konsisten yang kuat selama periode kualifikasi Race to Tokyo dan akhirnya menjadi kualifikasi kedua puluh enam untuk Olimpiade. Pada awal 2021, di Swiss Open, Nguyen ditakuti karena gejala COVID-19 yang berkepanjangan yang memengaruhi penampilannya, tetapi dia sepenuhnya mengabaikannya dan pelatihan berjalan lancar.

"Saya akan tinggal di Irlandia berlatih dengan beberapa mitra sparring dari Malaysia yang kami bawa untuk kamp persiapan."

Nguyen akan terbang ke Tokyo pada 9 Juli ke kamp penampungan untuk menyesuaikan diri dan siap untuk turnamen terbesar dalam karirnya. Kepositifan Nhat Nguyen adalah sesuatu yang dapat diilhami dan apa yang mungkin membedakannya dalam kariernya.

Anak yang akan segera berusia 21 tahun ini memiliki keyakinan kuat bahwa jika Anda melakukan apa yang Anda sukai dan Anda memiliki keluarga di sekitar Anda, maka Anda menang dalam hidup.

"Mudah-mudahan, hal-hal akan bekerja dengan cara saya. Tapi jika tidak, saya menikmati setiap bagian dari perjalanan," Nguyen menyimpulkan.

Artikel Tag: Nhat Nguyen, Olimpiade Tokyo 2021

3397  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini