Pensiunnya Lin Dan Dapat Akhiri Era Mega Bintang Olahraga China

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 08 Jul 2020, 10:00 WIB
Pensiunnya Lin Dan Dapat Akhiri Era Mega Bintang Olahraga China

Lin Dan/[Foto:AFP]

Berita Badminton: Keputusan pensiun juara Olimpiade dua kali, Lin Dan, menandai berakhirnya era keemasan mega bintang olahraga China, kata media pemerintah pada Selasa (7/7).

Bisa dibilang pemain bulu tangkis terbesar sepanjang masa, pemain berusia 36 tahun itu mengatakan pada hari Sabtu bahwa ia membawa keemasan pada karir yang juga membawa lima gelar juara dunia.

Nao All-Star Yao Ming, atlet peraih medali emas Olimpiade, Liu Xiang dan juara tenis Grand Slam dua kali, Li Na semuanya telah pensiun dalam sedekade terakhir.

"Dengan panggilan 'Super Dan', orang tidak bisa tidak menghela nafas," kata kantor berita Xinhua. "Era mega bintang yang dulunya milik olahraga China telah memudar. Kapan Lin Dan selanjutnya akan muncul? Atau kapan Yao Ming berikutnya, Liu Xiang dan Li Na akan muncul?

"Di mana superstar olahraga China berikutnya yang akan menciptakan memori kolektif untuk kita?", ungkapnya. "Kuartet itu tidak hanya pemimpin dunia dalam olahraga mereka dan populer di China, tetapi juga memiliki "pengaruh besar di arena internasional dan menjadi jendela bagi dunia untuk memahami China."

Dari atlet China terkemuka yang tersisa, pemain bola voli putri, Zhu Ting memiliki potensi untuk naik ke tingkat superstar, kata Xinhua, sementara perenang tercela Sun Yang menikmati popularitas tinggi (di China), tetapi sayangnya ia dilarang.

Pemain berusia 28 tahun itu mengajukan banding terhadap larangan delapan tahun karena menolak untuk memberikan sampel doping. Karier juara gaya bebas Olimpiade tiga kali ini akan berakhir secara efektif jika ia kehilangan daya tariknya di Pengadilan Federal Swiss.

China memiliki juara dunia dalam cabang olahraga lainnya, dan berada di urutan ketiga di belakang Amerika Serikat dan Inggris dalam tabel medali di Olimpiade Rio 2016, tetapi mereka umumnya tidak dikenal bahkan di dalam negeri, kata Xinhua.

Pemain tenis meja, Zhang Jike, peraih medali emas Olimpiade tiga kali lainnya, layak disebut dalam nafas yang sama dengan Lin Dan, kata Oriental Sports Daily.

"Kapan Lin Dan dan bintang olahraga China berikutnya akan muncul lagi? Pertanyaan ini mungkin tidak bisa dijawab dalam waktu singkat," lanjutnya.

Artikel Tag: lin dan, Li Na, badminton china, Pensiun

854  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini