Pensiun Dari Tim Nasional, Soniia Cheah Banting Setir Jadi Barista

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 15 Nov 2023, 00:00 WIB
Pensiun Dari Tim Nasional, Soniia Cheah Banting Setir Jadi Barista

Soniia Cheah/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Dari atlet Olimpiade hingga barista keren, mantan pemain tunggal bulu tangkis peringkat 1 nasional Soniia Cheah memanfaatkan hidupnya dengan maksimal.

Soniia Cheah yang berusia 30 tahun, yang memutuskan untuk pensiun dari kompetisi bulu tangkis karena cedera tendon Achilles yang terus-menerus setelah berkompetisi di Olimpiade Tokyo 2021, telah melakukan banyak hal, tetapi usaha terbarunya adalah membuat kopi.

Dia mungkin akhirnya kembali sebagai pelatih penuh waktu, tapi tidak sekarang.

“Saya mencoba banyak hal setelah meninggalkan tim nasional. Saya sangat bersyukur menjadi duta Maxx Sport. Saya juga sedang kuliah untuk tahun terakhir S1 ilmu olahraga di UM (Universiti Malaya),” kata Soniia.

Soniia Cheah juga melakukan pelatihan bulu tangkis paruh waktu (kelas kelompok dan privat) dan merupakan salah satu pendiri kafe Too Yumm.

“Sekarang, saya menemukan minat saya untuk menjadi barista yang baik. Saya pribadi menyukai matcha dan kopi, menurut saya, secangkir kopi enak yang bisa Anda buat, sangat bergantung pada seberapa besar cinta dan semangat yang Anda masukkan ke dalamnya, itu benar-benar mencerminkan hidup saya dan bagaimana saya ingin mendekatinya."

Sedang sibuk menyeduh, Soniia mengaku tidak melupakan bulu tangkis.

“Itu ada dalam darahku dan aku tidak bisa menjalani hidupku tanpanya. Saya rindu bermain di panggung besar karena saya selalu menikmati berada di lapangan,” katanya.

Sejak kepergian Soniia, timnas sepertinya tengah kesulitan mencari penerus yang bisa diandalkan. Ada beberapa talenta, termasuk Goh Jin Wei, tetapi cedera dan inkonsistensi membuat banyak pemain mendekam dalam kondisi permainan yang biasa-biasa saja.

“Saya pikir tunggal putri sangat kompetitif dan tidak mudah untuk menonjol. Ketika saya bermain, saya memiliki ekspektasi diri yang tinggi di setiap sesi latihan dan saya rasa, itu penting. Harus ada rasa percaya diri dan disiplin juga,” kata Soniia yang berharap generasi baru tidak mudah menyerah.

“Tidak ada jalan pintas menuju kesuksesan, kesuksesan yang luar biasa membutuhkan usaha yang luar biasa,” ujarnya.

Akankah Soniia kembali ke lapangan lagi tapi sebagai pelatih?

“Saya akan melakukannya jika ada peluang yang tepat di waktu yang tepat. Itu sebabnya saya dan adik saya melakukan pelatihan sambil bekerja dan belajar,” tambah Soniia, yang merupakan pelatih paruh waktu di pusatnya sendiri, Sunheart Badminton Academy.

Artikel Tag: Soniia Cheah, Goh Jin Wei

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/pensiun-dari-tim-nasional-soniia-cheah-banting-setir-jadi-barista
618  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini