Pemain Ini Terinspirasi Dari Intanon Yang Menjadi Juara Dunia di Usia Belia

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 14 Okt 2022, 21:00 WIB
Pemain Ini Terinspirasi Dari Intanon Yang Juara Dunia di Usia Belia

Ratchanok Intanon/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Ratchanok Intanon dari Thailand baru berusia 14 tahun ketika dia memenangkan gelar Kejuaraan Dunia Junior pertamanya, sementara Goh Jin Wei dari Malaysia sendiri berusia 15 tahun ketika dia memenangkannya untuk pertama kalinya.

Pebulutangkis junior nasional Ong Xin Yee sadar dia tidak akan mampu memperbaiki rekor Intanon dan Jin Wei, tapi dia masih mendapat inspirasi dari catatan itu menjelang debutnya di Kejuaraan Dunia Junior di Santander, Spanyol, minggu depan.

Banyak turnamen junior, termasuk Kejuaraan Dunia, dibatalkan dalam dua tahun terakhir karena Covid-19.

Xin Yee, 16 tahun, mengatakan dia ingin memetakan sejarahnya sendiri. Padahal, pemain kelahiran Kuala Lumpur itu sudah menanti-nanti para junior dunia sejak bergabung dengan timnas tiga tahun lalu.

"Saya bergabung dengan tim junior nasional ketika saya berusia 13 tahun setelah uji coba seleksi. Sejak itu saya sudah menunggu untuk bermain di dunia junior. Sayangnya karena Covid, saya tidak bisa bermain di dalamnya selama dua tahun terakhir,” kata Xin.

"Saya pasti mendapat inspirasi dari Ratchanok dan Jin Wei karena mereka dinobatkan sebagai juara dunia junior di usia yang begitu muda. Saya juga ingin tampil impresif di Spanyol," tambah Xin Yee yang mengantongi gelar Ceko Junior 2021.

Xin Yee yang ceria ingin menjadi panutan bagi adik perempuannya, Ong Xin Ru, yang bergabung dengan BAM tahun ini.

"Motivasi pertama saya adalah Lee Chong Wei. Sejak saat itu orang tua saya adalah pendukung terbesar saya. Idola saya sekarang termasuk Tai Tzu Ying (Taiwan). Saya suka gaya bermainnya dan sikapnya yang pantang menyerah.

“Saya ingin menjadi pemain seperti Tzu Ying di masa depan,” tambah Xin Yee.

Kemarin, Xin Yee dan rekan satu timnya bertemu dengan presiden BAM Tan Sri Norza Zakaria di Akademi Bulu Tangkis Malaysia sebelum berangkat ke Spanyol.

Skuad akan bertanding di nomor beregu, yakni Piala Suhandinata sebelum di nomor individu.

Malaysia berada di Grup A bersama juara bertahan dan unggulan teratas Indonesia, Swedia dan Latvia. Hanya juara grup yang akan lolos ke babak sistem gugur.

Satu-satunya saat Malaysia memenangkan acara beregu adalah pada tahun 2011. Di nomor individu, Jin Wei menjadi pemain Malaysia terakhir yang memenangkan gelar, yang diraihnya pada edisi 2018 di Markham, Kanada. Itu adalah gelar keduanya setelah yang pertama di tahun 2015.

Artikel Tag: ratchanok intanon, Goh Jin Wei, Kejuaraan Dunia Junior 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/pemain-ini-terinspirasi-dari-intanon-yang-menjadi-juara-dunia-di-usia-belia
975  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini