Pelatih PV Sindhu Mundur dari Tim Nasional India

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 24 Sep 2019, 18:30 WIB
Pelatih PV Sindhu Mundur dari Tim Nasional India

Kim Ji Hyun-PV Sindhu/[Foto:Times of India]

Berita Badminton: Kejutan terjadi setelah pelatih PV Sindhu asal Korea Selatan, Kim Ji Hyun, memutuskan mundur Dari Federasi Badminton India (BAI) karena alasan pribadi.

Mundurnya Kim tentu sangat disayangkan mengingat kontribusi pelatih berusia 45 tahun itu di tim nasional India. Pelatih Korea yang bekerja dengan Sindhu dalam empat bulan terakhir itu adalah sosok yang memainkan peran penting bagi Sindhu meraih medali emas Kejuaraan Dunia 2019 yang berlangsung di Basel, Swiss.

Kim dipaksa pergi ke Selandia Baru setelah suaminya menderita strok beberapa pekan lalu. Menurut sumber, keluarga Kim mengharuskan kehadirannya di Selandia Baru untuk merawat suaminya, yang membutuhkan setidaknya enam bulan perawatan dan mungkin akan melakukan operasi.

Ketika dihubungi Minggu lalu, Kim mengatakan bahwa ia tidak yakin 100 persen akan kembali ke India. Dengan perkembangan hingga Senin (23/9), jelas dia tidak akan kembali melatih di Akademi Pullela Gopichand di Hyderabad.

Kim adalah mantan pemain tim nasional Korea Selatan yang cukup sukses. Sebagai pemain, ia sukses meraih medali emas Asian Games 1994 di Hiroshima, Jepang.

Kerja sama dengan Pullela Gopichand membuahkan hasil bulan lalu saat membantu Sindhu menjadi pemain India pertama yang memenangkan emas Kejuaraan Dunia. Sindhu sangat menghargai bantuan dari pelatih Kim yang membuat beberapa perubahan dalam aspek permainannya.

"Saya sudah berlatih dengannya dalam beberapa bulan terakhir. Dia merekomendasikan beberapa perubahan pada permainan saya dan mengerjakannya di bawah bimbingan pelatih Gopichand. Itu berjalan dengan baik. Keterampilan saya telah banyak meningkat dan masih banyak yang perlu ditingkatkan," kata Sindhu.

Pengunduran Kim tentu akan menambah beban bagi pelatih kepala Pullela Gopichand karena para pemain saat ini tengah fokus untuk kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

Artikel Tag: Kim Ji Hyun, PV Sindhu, Pullela Gopichand, bai

3682  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini