Pelatih India Bandingkan Lee Zii Jia Dengan Legenda Indonesia Lim Swie King

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 25 Mar 2021, 18:15 WIB
Vimal Kumar Bandingkan Lee Zii Jia Dengan Legenda Indonesia Lim Swie King

Lee Zii Jia/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Kesuksesan Lee Zii Jia di All England telah menarik perhatian banyak pengamat internasional, di antaranya adalah mantan pelatih kepala nasional India Vimal Kumar.

Vimal Kumar sangat terkesan dengan eksploitasi Lee Zii Jia sehingga ia melesat ke peringkat 8 dunia sebagai salah satu favorit untuk emas tunggal putra di Olimpiade Tokyo pada bulan Juli.

Vimal, yang dianggap sebagai salah satu pelatih senior bulutangkis di negaranya, juga memuji kekuatan menyerang Zii Jia dan membandingkannya dengan juara All England tiga kali dan legenda bulu tangkis Indonesia, Liem Swie King.

“Kemenangannya melawan Kento Momota dan Victor Axelsen diraih dengan baik. Dia menyerang dan bermain bagus di depan net, memiliki smash paling tajam, beberapa di antaranya mengingatkan saya pada Liem Swie King,” kata Vimal, sekarang direktur Akademi Bulu Tangkis Prakash Padukone (PPBA), dalam sebuah wawancara dengan Times of India.

“Dia juga bertahan dengan baik seperti Liem Swie King, menunjukkan banyak kesabaran dan memilih reli setiap kali dia menyadari dia tidak bisa mengenai lawannya. Final melawan Axelsen menunjukkan bagaimana dia berubah sebagai pemain," ungkapnya.

“Pertandingan pertama yang dimenangkannya 30-29, adalah pertunjukan karakter. Dia kalah di set kedua meski memimpin 18-14 tetapi cara dia kembali dengan kemenangan yang luar biasa di set penentuan membuat Axelsen tidak yakin."

"Dia sedang dalam perjalanan untuk menjadi superstar di Malaysia, dan salah satu favorit untuk memenangkan gelar di Olimpiade," tambah pelatih yang membimbing Saina Nehwal untuk menjadi peringkat 1 dunia pada tahun 2015.

Vimal Kumal mengatakan dia telah memperhatikan bakat dan potensi luar biasa Lee Zii Jia ketika skuad cadangan Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia mengunjungi PPBA di Bangalore pada 2016. Selain latihan selama dua minggu di sana, Zii Jia juga bermain di Seri Internasional India di mana ia menjadi runner-up untuk pemain peringkat 28 dunia Lakhsya Sen, produk PPBA.

“Zii Jia dan yang lainnya ada di sini sebagai bagian dari program pertukaran yang diatur oleh Morten Frost yang merupakan direktur pelatih Malaysia saat itu. Itu adalah pengalaman bermain yang bagus untuk anak-anak,” kata Vimal.

“Smashnya sekeras itu sangat menakjubkan. Berkat ketinggian kota yang tinggi, angkutan terbang dengan kecepatan lebih tinggi, membuat lawan-lawannya kesulitan."

“Dia juga menunjukkan kegemarannya untuk melakukan tembakan ketat di net. Saat itu, Prakash Padukone secara khusus menyebutkan dirinya dan permainan net-nya," jelas Vimal Kumar.

Artikel Tag: Vimal Kumar, Lee Zii Jia, liem swie king, All England 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/pelatih-india-bandingkan-lee-zii-jia-dengan-legenda-indonesia-lim-swie-king
10256  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini