PBSI Ajukan Usul ke BWF Tinjau Ulang SOP Pengananan Darurat Medis

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 02 Jul 2024, 11:30 WIB
PBSI Ajukan Usul ke BWF Tinjau Ulang SOP Pengananan Darurat Medis

Insiden Saat Zhang Zhijie Pingsan di Lapangan/[Foto:PBSI]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) akan mengusulkan kepada Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) untuk meninjau kembali Standar Operasional Prosedur (SOP) tim medis dalam memberikan pertolongan darurat bagi pemain selama turnamen.

Hal itu terungkap dalam konferensi pers yang dilakukan PBSI pasca meninggalnya pemain China Zhang Zhijie saat Kejuaraan Junior Asia 2024 di Yogyakarta.

Chief Operating Officer Badminton Asia Chooi Weng Sheng mengatakan badan bulu tangkis Indonesia melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam mencoba menyelamatkan nyawa juara Junior Internasional Zhijie setelah dia pingsan di tengah pertandingan melawan Kazuma Kazano dari Jepang pada hari Minggu.

Namun, mereka mempunyai keterbatasan.

Sesuai aturan BWF, tim medis harus menunggu wasit mengizinkan mereka masuk ke lapangan.

“PBSI melakukan yang terbaik untuk membantu Zhijie dan saya memuji mereka atas tindakan cepatnya. Ofisial mereka bahkan berada di ambulans bersama sang pemain dan berusaha membantu dengan segala cara hingga akhir,” kata Weng Sheng.

“Ini adalah hari yang menyedihkan bagi kami kehilangan pemain dengan cara seperti ini.”

Namun badan bulutangkis nasional mengatakan mereka akan meminta BWF untuk mempelajari prosedur tim medis, mungkin satu atau dua langkah bisa dibatalkan dalam situasi luar biasa.

Juru Bicara PBSI Broto Happy mengatakan, korban mengalami serangan jantung mendadak.

Asosiasi Bulu Tangkis China (CBA) mengatakan mereka “sangat sedih”.

“Zhang Zhijie menyukai bulu tangkis dan merupakan atlet luar biasa di tim bulu tangkis muda nasional,” kata CBA dalam sebuah pernyataan.

Turnamen beregu kemarin diadakan mengheningkan cipta dan tim Tiongkok mengenakan ban lengan berwarna hitam sebagai tanda penghormatan sebelum kompetisi sistem gugur dimulai.

Tiongkok mengalahkan Taiwan 3-0 di perempat final dan satu jam kemudian, mereka kembali ke lapangan untuk mengalahkan Malaysia 3-1 di babak semifinal Kejuaraan Asia Junior 2024.

Artikel Tag: PBSI, BWF, Zhang Zhijie, meninggal dunia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/pbsi-ajukan-usul-ke-bwf-tinjau-ulang-sop-pengananan-darurat-medis
766  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini