Nova Widianto Ingin Cetak Generasi Emas Ganda Campuran Malaysia

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 27 Mei 2024, 13:30 WIB
Nova Widianto Ingin Cetak Generasi Emas Ganda Campuran Malaysia

Nova Widianto/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pelatih ganda campuran tim nasional Malaysia asal Indonesia, Nova Widianto berkomitmen untuk mencetak lebih banyak pemain dari kategori di bawah Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) untuk meningkatkan persaingan di industri bulu tangkis tanah air.

Juara dunia dua kali asal Indonesia itu mengaku Malaysia membutuhkan beberapa ganda lagi untuk memastikan ada kesinambungan dari Chen Tang Jie / Toh Ee Wei yang saat ini menjadi satu-satunya ganda campuran nasional yang menonjol di bawah induknya.

Padahal, Tang Jie-Ee Wei sudah lolos ke Olimpiade Paris 2024 yang dibuka pada 26 Juli hingga 11 Agustus.

“Harus jujur, (pemain) perempuan di Malaysia tidak banyak, tapi menurut saya akan ada pemain dua atau tiga pasang. (Atlet) senior juga jangan langsung pensiun agar Malaysia punya banyak pasangan bagus," kata Nova Widianto.

“Memang saya punya target sendiri (dan) kalau bisa setelah ini sektor ganda campuran bisa jadi fokus di Malaysia, lagipula sudah ada sejak awal. Chan Peng Soon (dan Goh Liu Ying) juga juara. perak di Olimpiade 2016, semoga kami terus melanjutkan atau berbuat lebih baik,” katanya kepada wartawan di Kuala Lumpur baru-baru ini.

Hal itu diungkapkan Nova Widianto saat dimintai komentar mengenai harapan legenda bulu tangkis nasional, Peng Soon, yang gantung 'raket' pada Rabu (22 Mei) agar BAM lebih fokus di ganda campuran dalam upaya mengangkat status di kategori tersebut.

Namun pelatih berusia 47 tahun itu mengatakan tak masalah jika pemain muda ditempatkan di dua kategori, misalnya Yap Roy King yang bermain di kategori campuran bersama Valerie Siow dan kategori putra bersama Wan Arif Wan Junaidi.

"Tidak masalah (memainkan dua kategori) itu tidak permanen. Mungkin yang satu lolos ke semifinal, yang lain babak pertama. Kalau dibilang capek, belum enak (dan untuk) pengalamannya terasa enak. nanti kalau sudah senior bisa seperti Tang Jie-Ee Wei,” ujarnya.

Peng Soon meninggalkan BAM pada tahun 2019 dan melanjutkan karirnya sebagai pemain ganda campuran profesional bersama rekannya, Goh Liu Ying.

Mereka berhasil lolos ke pentas Olimpiade 2020, penampilan ketiga mereka setelah sukses meraih medali perak pada Olimpiade di Brasil pada tahun 2016, selain debut pada tahun 2012.

Namun, Peng Soon dan Liu Ying memutuskan untuk berpisah pada tahun 2021 yang membuatnya satu tim dengan Yee See pada tahun 2022, dan pernah memenangkan gelar Kuala Lumpur Masters pada tahun 2023.

Rabu lalu, Peng Soon dan Yee See kalah 10-21, 6-21 dari Cheng Xing-Li Qian asal Tiongkok pada putaran pertama Malaysian Masters 2024 di Axiata Arena, Bukit Jalil.

Artikel Tag: Nova Widianto, bam, Indonesia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/nova-widianto-ingin-cetak-generasi-emas-ganda-campuran-malaysia
722  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini