Misbun Sidek Akui Ng Tze Yong Cedera Karena Intensitas Latihan

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 05 Mar 2024, 03:00 WIB
Misbun Sidek Setuju Cederanya Ng Tze Yong Disebabkan Karena Intensitas Latihan

Lakshya Sen-Ng Tze Yong/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Ng Tze Yong adalah pemain yang “lunak”, dan cedera punggungnya bisa jadi disebabkan oleh latihan intensitas tinggi, menurut mantan pelatih nasional Misbun Sidek.

Pemain peringkat 15 dunia itu kini sedang dalam masa pemulihan dari cedera punggungnya dan mungkin tidak lolos ke Olimpiade Paris.

Misbun Sidek mengklaim, sebagai pemain yang “lembut” dan berteknik, Tze Yong, peraih medali perak Commonwealth Games 2022 di Birmingham, membutuhkan program latihan khusus yang disesuaikan dengan kondisi fisiknya.

Menurut Misbun, hal ini akan mengembangkan permainan Ng Tze Yong dan membuatnya berpeluang meraih medali. Tampaknya cedera punggungnya yang berulang mungkin disebabkan oleh latihan intensitas tinggi dan latihan yang memberikan terlalu banyak tekanan pada tubuhnya.

“Dulu saya pernah melatihnya, dan sebagai pemain junior, menurut saya dia adalah pemain yang soft player, dimana latihannya lebih fokus pada penguatan aspek teknis dan skill gameplay,” ujarnya saat ditemui di klinik bulutangkis bersama dengan “Sidek Children's : Pameran Bulutangkis Legenda Bangsa yang diadakan di sini hari ini.

Ia mengomentari peluang Tze Yong lolos ke Olimpiade Paris. Pemain berusia 24 tahun itu akan menjalani operasi punggung menyusul cedera yang dideritanya saat Kejuaraan Beregu Bulu Tangkis Asia (BATC) bulan lalu.

“Mungkin saat ini dia banyak mengikuti pertandingan, dan itulah sebabnya banyak elemen baru yang ditambahkan dalam masukan latihan yang intens sehingga menyebabkan dia mengalami cedera berulang,” ujarnya.

Tahun lalu dilaporkan bahwa program pelatihan Tze Yong diubah menjadi lebih intensif, mengharuskan dia berlatih setidaknya enam jam sehari.

Namun, direktur kepelatihan Akademi Badminton Malaysia asal Indonesia, Rexy Mainaky membantah cederanya Tze Yong akibat overtraining latihan.

Artikel Tag: ng Tze Yong, Misbun Sidek, rexy mainaky

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/misbun-sidek-akui-ng-tze-yong-cedera-karena-intensitas-latihan
611  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini