Mesir Ciptakan Sejarah Lolos Putaran Final Pertama kali di Piala Sudirman

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 05 Mar 2021, 17:30 WIB
Mesir Ciptakan Sejarah Lolos Putaran Final Pertama kalinya di Piala Sudirman

China Juara Piala Sudirman 2019/[Foto:IndianTimes]

Berita Badminton: Mesir siap membuat sejarah dengan mengikuti Kejuaraan Beregu Campuran Dunia yang bertajuk TOTAL BWF Piala Sudirman untuk pertama kalinya.

Tahun ini, untuk pertama kalinya, BWF Piala Sudirman dimainkan dalam dua tahap yakni tahap kualifikasi kontinental dan tahap Final yang akan datang. Mesir lolos berdasarkan poin Peringkat Dunia mereka, yang menjadikan mereka tim teratas dari Afrika di TOTAL BWF Sudirman Cup Finals 2021, yang akan diadakan di Suzhou (China) akhir tahun ini.

Dari lima konfederasi kontinental, Asia dan Eropa masing-masing memiliki empat tempat kualifikasi yang dipesan, sementara Pan Am, Oseania, dan Afrika masing-masing memiliki satu tempat. Satu tempat disediakan untuk tuan rumah dan satu lagi untuk juara bertahan. 16 tempat lainnya dialokasikan berdasarkan peringkat tim.

Jika turnamen kualifikasi (kejuaraan kontinental) tidak dapat berlangsung, konfederasi kontinental diwakili berdasarkan kekuatan tim secara keseluruhan, dalam hal Peringkat Dunia pasangan tunggal dan ganda teratas mereka di lima kategori (tunggal putra, tunggal putri, putra ganda, ganda putri, ganda campuran) pada 23 Februari 2021.

Mesir, dengan total 109.913 poin, dengan demikian lolos sebagai tim No. 1 Afrika. Kanada dan Australia juga mengklaim tempat kualifikasi mereka sebagai tim teratas dari Pan Am dan Oseania.

Babak kualifikasi kontinental untuk Eropa (European Mixed Team Championships) selesai pada 20 Februari 2021. Empat semifinalis dari turnamen tersebut lolos ke Piala Sudirman yakni Denmark (juara), Jerman, Rusia dan Perancis.

China nomor 1 berdasarkan peringkat tim, mengklaim tempat tuan rumah, sedangkan empat tempat yang dipesan untuk Asia jatuh ke Jepang, Indonesia, Taiwan, dan Korea. Thailand mengambil alokasi pemegang gelar yang kosong, sedangkan tiga tempat lainnya berdasarkan peringkat jatuh kepada tim Malaysia, India dan Inggris.

Tim yang memenuhi syarat diminta untuk mengkonfirmasi penerimaan mereka sebelum 15 Maret 2021. Tanggal pengundian dan Final akan diumumkan pada waktunya.

Daftar Tim Kualifikasi berdasarkan Peringkat dan Alokasi:

China No.1 (Tuan Rumah)

No. 2 Jepang (Asia, 1)

No.3 Indonesia (Asia, 2)

No. 4 Taiwan (Asia, 3)

No. 5 Korea (Asia, 4)

No. 6 Thailand (Alokasi Pemegang Gelar Kosong & Peringkat Dunia)

No.7 Denmark (Eropa, 1)

No.8 Malaysia (Peringkat Dunia)

No. 9 India (Peringkat Dunia)

No.10 Inggris (Peringkat Dunia)

No. 11 Kanada (Pan Am)

No.12 Jerman (Eropa, 2)

No. 13 Rusia (Eropa, 3)

No. 14 Prancis (Eropa, 4)

No.15 Australia (Oseania)

No.16 Mesir (Afrika)

Artikel Tag: Mesir, piala sudirman, BWF

693  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini