Meninggalnya Zhang Zhijie, PBSI Minta Ubah Regulasi Penanganan Medis

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 02 Jul 2024, 04:00 WIB
Meninggalnya Zhang Zhijie, PBSI Minta Ubah Regulasi Standar Medis

Zhang Zhijie/[Foto:PBSI]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pebulutangkis muda Tiongkok berusia 17 tahun Zhang Zhijie tiba-tiba pingsan saat bertanding di GOR Among Rogo Yogyakarta Indonesia kemarin dan dinyatakan meninggal dunia setelah dilarikan ke rumah sakit dan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) memberi tahu Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) untuk mengajukan permohonan dengan harapan dapat mengubah peraturan medis di lapangan.

Pemain China Zhang Zhijie bermain melawan wakil Jepang pada laga penyisihan terakhir Grup D Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Junior 2024, namun tiba-tiba terjatuh ke tanah saat pertandingan dan mengalami kejang-kejang yang hebat.

Dari video yang dirilis secara online, terlihat petugas medis tidak langsung datang ke lokasi kejadian untuk melakukan pertolongan.

Pada akhirnya, Zhang Zhijie dibawa ke rumah sakit RSUP Dr Sardjito dengan ambulans. Dia sudah dalam kondisi OHCA sebelum tiba di rumah sakit (henti jantung paru sebelum tiba di rumah sakit pada pukul 20:50 malam WIB.

Setelah dilakukan tindakan selama satu setengah jam di RSUP Dr Sardjito, Zhijie dinyatakan meninggal dunia pada pukul 23.30 WIB.

Menurut "Sing Chew Net", karena kontroversi yang disebabkan oleh kegagalan staf medis untuk segera melakukan penyelamatan, Persatuan Bulutangkis Indonesia menyatakan akan mengajukan permohonan tertulis kepada BWF, meminta agar tim medis segera diizinkan masuk ke dalam lapangan venue tanpa izin wasit, memberikan pemain akses segera ke perawatan bila diperlukan.

Pada saat yang sama, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia juga mengimbau kepada masyarakat para pencinta bulu tangkis untuk berhenti menyebarkan video dan foto momen terakhir Zhang Zhijie saat kolaps di lapangan untuk menghormati sang pemain dan keluarga yang ditinggalkan .

Artikel Tag: Zhang Zhijie, PBSI, Indonesia, meninggal dunia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/meninggalnya-zhang-zhijie-pbsi-minta-ubah-regulasi-penanganan-medis
1342  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini