Mengenal Flandy Limpele, Legenda Indonesia Yang Resmi Jadi Pelatih Kepala di Malaysia

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 20 Mei 2020, 16:30 WIB
Mengenal Flandy Limpele, Legenda Indonesia Yang Resmi Jadi Pelatih Kepala di Malaysia

Flandy Limpele Bersama Chirag-Shetty/[Foto:Times of India]

Berita Badminton : Flandy Limpele, pelatih kepala ganda putra tim nasional Malaysia, adalah pemain spesialis ganda yakni di ganda putra dan ganda campuran.

Menurut Federasi Badminton Dunia (BWF), Flandy Limpele yang berusia 46 tahun, lahir di Manado, memiliki tinggi 181 cm dan mempunyai catatan karir internasional 293 kali di ganda putra dan 93 kali di ganda campuran.

Faktanya, Flandy Limpele adalah pemain yang telah berpartisipasi dalam ganda putra dan ganda campuran dengan banyak mitra berbeda.

Flandy Limpele pernah berpasangan dengan Eng Hian di nomor ganda putra dan meraih hasil luar biasa. Dia memenangkan medali perunggu ganda putra di Olimpiade Athena 2004.

Flandy Limpele kemudian fokus pada nomor ganda campuran dan berpasangan dengan Vitta Marissa untuk memenangkan serangkaian kompetisi internasional. Pada Olimpiade Beijing 2008, Limpele dan Marissa mencapai semifinal ganda campuran, tetapi akhirnya gagal memenangkan medali hingga kemudian mereka berpisah, dan mundur dari tim nasional Indonesia.

Namun, Flandy Limpele secara berturut-turut berpartisipasi dalam pertandingan ganda campuran dengan pemain putri asal Rusia, Denmark dan Taiwan (Cheng Wenxin) . Pada tahun 2009, Limpele dan Cheng Wenxin memenangkan kejuaraan ganda campuran di Grand Prix Vietnam.

Cheng Wenxin (1982) adalah pemain terkenal di Taiwan, dipasangkan dengan Jian Yujin dan dikenal sebagai " Generasi Emas Ganda Putri" di Taiwan, ganda putri peringkat pertama dunia (Jan 2009, September 2010) yang secara resmi berpisah setelah Olimpiade London 2012.

Sebelum pindah ke Malaysia, Flandy Limpele telah membantu ganda putra India membuat kemajuan besar selama melatih disana, terutama membantu Chirag Shetty dan Satwiksairaj Rankireddy naik ke peringkat 10 besar dunia untuk pertama kalinya. Dia juga pernah melatih pemain ganda muda di klub bulu tangkis Jepang.

Artikel Tag: Flandy Limpele, eng hian, Vitta Marisa, PBSI, BWF

529  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini